Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avatar 3 Dikabarkan Telah Diselesaikan James Cameron, Durasinya Mencapai 9 Jam

Kompas.com - 21/12/2022, 10:56 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber ScreenRant

KOMPAS.com- Sutradara Avatar, James Cameron dilaporkan telah menyelesaikan Avatar 3 yang memiliki durasi 9 jam sebelum diedit.

Kabarnya, James Cameron telah mengirimkan potongan 9 jam dari Avatar 3 ke 20th Century Studios dan memintanya untuk menerima VFX atau Efek visual penuh.

Cameron juga disebut menuntut agar efek visual dilakukan utuh untuk film berdurasi 9 jam itu sebelum akhirnya memutuskan apa yang akan dia potong.

Itu juga bisa berarti bahwa versi film apa pun yang akhirnya dirilis, akan ada potongan sutradara yang cukup epik dari film tersebut yang beredar di suatu tempat.

Mengenai rumor yang beredar itu, Jeff Sneider dari Collider juga sempat membicarakannya di podcast The Hot Mic.

Baca juga: Biaya Produksi Besar, James Cameron Sebut Avatar 2 Perlu Hasilkan Rp 31 Triliun agar Untung

Sneider tidak menguatkan laporan itu sendiri, tetapi kesediaannya untuk berbagi menunjukkan bahwa mungkin ada validitas pada klaimnya.

"Seseorang menghubungi dan mengatakan Cameron menyerahkan potongan Avatar 3 minggu lalu. Pemotongan itu, bukan lelucon, berdurasi 9 jam,' kata Sneider dalam podcast.

"Dan tampaknya, dia bersikeras melakukan VFX untuk ini, sehingga semua 9 jam menjadi sepenuhnya VFX, kemudian dia akan memangkasnya. Daripada mencari tahu apa yang dia inginkan dan meminta mereka melakukan VFX untuk itu. Itulah yang saya dengar," lanjutnya.

Baca juga: 7 Hal Wajib Diingat Sebelum Nonton Avatar 2

Mengenai kabar yang menyebut Avatar 3 akan berdurasi 9 jam ini sendiri bisa jadi mimpi buruk bagi bioskop.

Film apa pun dengan waktu tayang lebih dari 3 jam sudah menimbulkan masalah logistik ke bioskop.

Seperti, akan jadi lebih sedikit pemutaran film yang tersedia karena waktu tayang yang lama hingga persoalan waktu pembersihan yang diperlukan di antara pemutaran.

Cameron jelas mengetahui hal ini, itulah sebabnya dia dikabarkan masih berencana menghentikan penayangan filmnya di bioskop.

Bahkan dia dikabarkan mempertimbangkan untuk menayangkan Avatar 3 di televisi saja dibanding bioskop, mengingat durasi yang panjang.

Namun, studio tidak mungkin menerima pengeluaran untuk menyelesaikan VFX untuk potongan film yang tidak akan pernah dilihat oleh kebanyakan orang.

Dari sudut pandang cerita, jika Cameron benar-benar meminta VFX penuh dalam potongan 9 jam, maka itu berarti sutradara Titanic sangat yakin dengan pengambilan gambar untuk Avatar 3.

Merilis film berdurasi 9 jam juga dianggap tidak terlalu layak karena itu adalah jumlah waktu yang tidak masuk akal untuk meminta penonton menghabiskan waktu di bioskop, tidak peduli seberapa bagusnya.

Sebagai informasi, Avatar pertama berdurasi 2 jam 42 menit, sementara Avatar: The Way of Water berdurasi lebih lama yaitu 3 jam 12 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com