Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anugerah KPI Kembali Hadir, Dorong Program Siaran Televisi dan Radio Bersaing Secara Global

Kompas.com - 10/10/2022, 16:55 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akan menyelenggarakan Anugerah KPI 2022.

Tahun ini adalah penyelenggaraan Anugerah KPI yang ke-17 tahun dan mengambil tema “Bangkit Bersama Penyiaran Indonesia.”

Anugerah KPI bakal tayang pada Sabtu (15/10/2022) pukul 14.00 WIB hingga 15.30 WIB.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Mulyo Hadi Purnomo mengatakan, dalam anugerah KPI 2022 kali ini akan ada banyak kategori baru yang juga melibatkan televisi maupun radio lokal.

Baca juga: Komentar Kuasa Hukum Rizky Billar soal KPI Larang Pelaku KDRT Tampil di TV dan Radio

Dengan adanya Anugerah KPI ini, Mulyo berharap makin memacu televisi atau radio daerah bersaing dengan lembaga siaran televisi maupun radio nasional untuk menyiarkan program yang berkualitas, mendidik, dan menghibur.

“Mudah-mudahan ini terus memacu kompetisi televisi daerah dan penjaringan dan akan semakin menyemarakkan program siaran. Apalagi menjelang digitalisasi bulan November nanti,” kata Mulyo di Kantor KPI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

“Pastinya akan ada semakin banyak program televisi yang akan bermunculan dan memiliki daya saing luar biasa,” lanjut Mulyo.

Baca juga: KPI Bakal Beri Sanksi Lembaga Penyiaran yang Masih Undang Pelaku KDRT

Dengan begitu, KPI berharap radio dan televisi daerah maupun nasional bisa bersaing dengan program radio dan televisi global ke depannya.

Sebagai perwakilan juri dalam Anugerah KPI, Helena E Rea mengatakan, pemenang Anugerah KPI 2022 sudah melalui proses akurasi dari sejumlah nominasi yang sudah ada dari masing-masing kategorinya.

Proses akurasinya dengan melihat bagaimana program tersebut menjadi ketertarikan audiens, etika yang digunakan, dan ramah anak.

Baca juga: KPI Sebut SCTV Bisa Evaluasi Penghargaan Gorgeous Dad untuk Rizky Billar

Mengingat program tidak hanya ditonton oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak kecil.

Selain itu, ada juga akurasi dari segi kualitas, audio visual, dan musik yang digunakan dalam program tersebut.

“Saya sudah punya list-nya. Saya sesama juri enggak kenal, saya atensi kualitas program broadcasting di Indonesia,” kata Helena.

Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat, Mimah Susanti, menyebutkan ada 23 kategori nominasi dalam anugerah KPI 2022.

Baca juga: KPI Apresiasi Indosiar Berhentikan Rizky Billar sebagai Host Dangdut Academy 5

23 kategori nominasi ini memenuhi kriteria penilaian yang sesuai dengan P3 & SPS, tidak pernah mendapat sanksi dari KPI, dan program siaran produksi baru atau repackage dari program yang sudah pernah tayang.

23 kategori tersebut adalah kategori Program Ajang Bakat, Program Anak, Program Animasi, Program Berita/Jurnalistik, Program Dokumenter, Program Drama Seri, Program Film Televisi, dan Program Iklan Layanan Masyarakat (Televisi).

Selanjutnya, kategori Program Iklan Layanan Masyarakat (Radio), Program (Konten) Lokal TV Berjaringan, Program Televisi Lokal Non Berjaringan, Program Peduli Perempuan, Program Peduli Disabilitas, Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal (Televisi), Program Peduli Perbatasan dan Daerah Tertinggal (Radio), dan Program Talkshow Berita.

Baca juga: KPI Bicara Kasus KDRT Lesti Kejora hingga Sentil Prank Baim Wong

Lalu, ada pula kategori Program Talkshow Non-berita, Program Wisata Budaya (Televisi), Program Wisata Budaya (Radio),

Penghargaan Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran, Penghargaan Radio Komunitas, Penghargaan Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran, Lifetime Achievement, dan Televisi Terbaik Anugerah KPI 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com