Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pemilik "Warteg Bajak Lauk" yang Didatangi Fans One Piece untuk Bagi-bagi Makanan Gratis

Kompas.com - 22/09/2022, 18:51 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik warteg Mamake, Kasturah (47), tak pernah menyangka usahanya didatangi komunitas penggemar One Piece untuk dijadikan sarana penyalur berkat.

Diketahui, Aliansi Bajak Laut Topi Jerami Cabang Jaksel menyulap warteg Mamake menjadi sebuah tempat makan gratis bernama Warteg Bajak Lauk pada Rabu (21/9/2022).

Melalui Warteg Bajak Lauk, driver ojek online, tukang jamu, tukang parkir, dan masyarakat pekerja lapangan lainnya bisa memperoleh makanan secara gratis.

Baca juga: Syukuran One Piece Film: Red, Fans Bagi-bagi Makanan Gratis di Warteg Bajak Laut

Warteg Mamake yang disulap menjadi warteg Bajak Laut oleh para fans One Piece. KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO Warteg Mamake yang disulap menjadi warteg Bajak Laut oleh para fans One Piece.
Namun, Kasturah menyebut awalnya tak tahu menahu soal serial anime legendaris One Piece.

"One Piece itu justru saya enggak tahu soal itu. Saya enggak ngerti yang datang itu One Piece. One Piece itu aja karena anak saya, 'Mama, itu film kartun yang lagi viral'. Saya mah enggak ngerti," kata Kasturah saat ditemui Kompas.com di warteg Mamake di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022).

Semua bermula ketika Ammar Yasir, perwakilan dari pihak Kita Bisa sekaligus fandom One Piece mendatangi warteg Mamake yang dekat dengan kantornya.

Baca juga: Rayakan One Piece Film: Red Tayang, Fans Galang Dana untuk Bagi-bagi Makanan Gratis

Kasturah (47), pemilik warteg Mamake saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022). Para fans One Piece seketika menyulap warteg Mamake menjadi sebuah tempat makan gratis bernama warteg Bajak Laut pada Rabu (21/9/2022).  KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO Kasturah (47), pemilik warteg Mamake saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022). Para fans One Piece seketika menyulap warteg Mamake menjadi sebuah tempat makan gratis bernama warteg Bajak Laut pada Rabu (21/9/2022).
"Pihak Kita Bisa (Ammar) awalnya datang ke sini dan pesan makanan 100 porsi, makanan gratis," kata Kasturah.

Kasturah pun buru-buru menyiapkan menu untuk mendukung gerakan positif tersebut.

"Saya tanya menunya mau apa? Saya pikir mending sediakan yang semua orang suka, memuaskanlah," ucap Kasturah.

Kasturah menjelaskan, ada 100 porsi makanan yang disiapkan untuk dibagikan secara gratis.

Baca juga: Fans One Piece Bagikan Makanan Gratis untuk PKL dan Ojol, Ini Kisahnya

Kupon makan gratis yang dibagikan fans One Piece pada Rabu (21/9/2022), di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO Kupon makan gratis yang dibagikan fans One Piece pada Rabu (21/9/2022), di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.
"Jadinya 100 porsi itu habis, malah lebih. Saya sengaja masaknya lebih, biar sekalian beramal. Saya tambahin. Saya tambahin es teh manis juga sama sop buah. Banyak yang makan di dalam dan dibagiin di jalan juga," ujar Kasturah.

Kasturah menyebut, meski kupon telah habis, antusiasme masyarakat yang ingin makan di Warteg Bajak Lauk semakin tak terbendung hingga sore hari.

"Sebenarnya mereka itu dibagikan kupon, jadi makan pakai kupon. Kuponnya disiapkan 100, tapi jadinya karena ada banyak yang datang, ya lebih dari 100. Jadi saya bilang, 'udah makan aja kalau hari ini gratis. Doain saya biar berkah juga'," tutur Kasturah.

Baca juga: 5 Fakta Menarik One Piece Film: Red

Ammar Yasir, penginisiasi gerakan bagi-bagi makanan gratis oleh fans anime One Piece, saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022). KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIO Ammar Yasir, penginisiasi gerakan bagi-bagi makanan gratis oleh fans anime One Piece, saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2022).
Selain makanan gratis, lewat platform Kita Bisa, Ammar Yasri dan teman-temannya juga membuka penggalangan dana agar gerakan tersebut bisa panjang umur.

Sejauh pantauan Kompas.com lewat platform Kitabisa.com, pendonasi untuk gerakan tersebut sudah mencapai 165 donasi dengan total dana yang terkumpul sebesar Rp 11,2 juta.

Kasturah mengatakan, tetap mendukung gerakan-gerakan positif seperti yang dilakukan para fans One Piece.

"Kalau saya mah, namanya usaha, kalau beramal pasti saya ikut, saya dukung. One Piece atau apa pasti saya dukung. Itu gerakan mulia lah istilahnya," tutup Kasturah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com