Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garap Pengabdi Setan 2, Joko Anwar Tidak Terbebani dengan Ekspektasi Penonton, tetapi...

Kompas.com - 05/08/2022, 13:53 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar mengakui merasa beban saat memproduksi film Pengabdi Setan 2: Communion.

Kendati demikian, beban yang dirasakan Joko Anwar bukan terhadap ekspektasi terhadap penonton ketika menyaksikannya, melainkan kepada pemain serta kru yang bertugas.

"Gue setiap kali bikin apa pun beban, beban banget. Gue lebih bebannya ke ini sih, kru sama pemain," ucap Joko Anwar seperti dikutip dari kanak YouTube HAHAHA TV, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Penjelasan Joko Anwar soal Ibu yang Jarang Terlihat dalam Film Pengabdi Setan 2: Communion

Joko Anwar menjelaskan, sebagai sutradara, ia memiliki tanggung jawab penuh dan moral terhadap mereka.

"Karena, gue kalau misalnya membawa kru dan pemain dalam sebuah proyek itu, gue bertanggung jawab untuk membawa mereka ke sebuah journey yang setelah mereka selesaikan syuting itu harus mendapatkan sesuatu," ucap Joko Anwar.

Dengan begitu, selama proses produksi berlangsung, Joko Anwar selalu berpikir, "jadi, apakah aku menghabiskan waktu mereka dengan sia-sia atau enggak?"

Baca juga: Joko Anwar Sudah Pilih Ratu Felisha untuk Peran Tari Sejak Awal, Casting Hanya Formalitas

Film Pengabdi Setan 2: Communion besutan sutradara Joko Anwar tayang serentak di bioskop di Indonesia pada 4 Agustus 2022.

Sebelumnya, Pengabdi Setan 2 telah lebih dulu tayang di IMAX pada 30 Juli 2022.

Sekuel Pengabdi Setan ini pun menjadi film pertama dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang menjalani DMR (Digital Remastering) dengan teknologi IMAX.

Baca juga: Joko Anwar: Syuting Pengabdi Setan 2 Benar-benar Gelap di Rumah Susun

Pemain-pemain lama yang sudah muncul pada film pertama seperti Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egy Fedly, dan Ayu Laksmi, akan kembali memerankan karakter mereka.

Para pemain baru di film Pengabdi Setan 2: Communion itu adalah Muzzaki Ramdhan (Wishu), Fatih Unru (Ari), Ratu Felisha (Tari), Jourdy Pranata (Dino), Kiki Narendra (Ustaz Mahmud), Iqbal Sulaiman (Darto), dan Nazifa Fatiah Rani (Wina).

Sekuel ini berkisah tentang kehidupan satu keluarga di sebuah rumah susun setelah beberapa tahun berhasil menyelamatkan diri dari kejadian mengerikan

Peristiwa beberapa tahun silam tersebut mengakibatkan mereka kehilangan sosok Ibu sekaligus si bungsu yang bernama Ian.

Baca juga: Joko Anwar Ungkap Lokasi Rumah Susun yang Dijadikan Tempat Syuting Pengabdi Setan 2: Communion

Usai kejadian mengerikan itu, mereka percaya tinggal di rumah susun sangat aman.

Pasalnya, jika dibandingkan di desa, ada banyak orang tinggal di rumah susun yang akan membantu apabila sesuatu terjadi.

Namun, mereka menyadari bahwa tinggal bersama banyak orang mungkin juga sangat berbahaya apabila tidak mengenali latar belakang tetangga.

Pada sebuah malam yang penuh teror, Rini (Tara Basro) dan keluarganya harus kembali menyelamatkan diri. Tetapi, kali ini mungkin terlambat untuk lari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com