Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Joko Anwar soal Ibu yang Jarang Terlihat dalam Film Pengabdi Setan 2: Communion

Kompas.com - 05/08/2022, 13:16 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar menjawab soal alasan sosok Ibu yang diperankan Ayu Laksmi jarang muncul dalam Pengabdi Setan 2: Communion.

Joko Anwar menjelaskan, ia meletakkan setiap karakter Pengabdi Setan 2: Communion bukan hanya personifikasi di depan kamera.

"Ada beberapa kali Ibu muncul, tapi tidak terlihat. Misalnya, ketika, ingat ada lagu 'Rayuan Pulau Kelapa'? Nah, kameranya guiding ya. Nah, itu adalah Ibu," tutur Joko Anwar dalam jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Menyusuri Rusun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion Lebih Dalam

Oleh karena itu, Joko Anwar menegaskan, ia dan kru meletakkan kamera bukan sekadar kamera, melainkan memiliki makna di dalamnya.

"Tidak ada satu kali pun kamera kita letakkan kalau tidak jelas motivasinya. Jadi, motivasi kamera ada dalam sebuah scene itu kita letakkan penonton dalam sebuah scene," tutur Joko Anwar.

"Sehingga penonton akan berada bersama para pemain untuk menelusuri misteri ataukah kamera itu mewakili karakter dari Pengabdi Setan 2, salah satunya Ibu," ucap Joko Anwar melanjutkan.

Baca juga: Profil Ratu Felisha, Wajah Baru dalam Pengabdi Setan 2: Communion

Meski jarang terlihat di depan kamera, kata Joko Anwar, sosok Ibu akan selalu ada di sepanjang film Pengabdi Setan 2: Communion.

Film Pengabdi Setan 2: Communion besutan sutradara Joko Anwar tayang serentak di bioskop di Indonesia pada 4 Agustus 2022.

Sebelumnya, Pengabdi Setan 2 telah lebih dulu tayang di IMAX pada 30 Juli 2022.

Sekuel Pengabdi Setan ini pun menjadi film pertama dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang menjalani DMR (Digital Remastering) dengan teknologi IMAX.

Baca juga: Profil Ayu Laksmi, Pemeran Ibu di Pengabdi Setan 2: Communion

Pemain-pemain lama yang sudah muncul pada film pertama seperti Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egy Fedly, dan Ayu Laksmi, kembali memerankan karakter mereka.

Sementara para pemain baru dalam film Pengabdi Setan 2: Communion itu adalah Muzzaki Ramdhan (Wishu), Fatih Unru (Ari), Ratu Felisha (Tari), Jourdy Pranata (Dino), Kiki Narendra (Ustaz Mahmud), Iqbal Sulaiman (Darto), dan Nazifa Fatiah Rani (Wina).

Sekuel ini berkisah tentang kehidupan satu keluarga di sebuah rumah susun setelah beberapa tahun berhasil menyelamatkan diri dari kejadian mengerikan.

Baca juga: Ketika Replika Pocong Film Pengabdi Setan 2 Curi Perhatian di CGV Grand Indonesia...

Peristiwa beberapa tahun silam tersebut mengakibatkan mereka kehilangan sosok Ibu sekaligus si bungsu yang bernama Ian.

Usai kejadian mengerikan itu, mereka percaya tinggal di rumah susun sangat aman.

Pasalnya, jika dibandingkan di desa, ada banyak orang tinggal di rumah susun yang akan membantu apabila sesuatu terjadi.

Namun, mereka menyadari bahwa tinggal bersama banyak orang mungkin juga sangat berbahaya apabila tidak mengenali latar belakang tetangga.

Pada sebuah malam yang penuh teror, Rini (Tara Basro) dan keluarganya harus kembali menyelamatkan diri. Namun, kali ini mungkin terlambat untuk lari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com