Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecewa Kalah dari Johnny Depp, Amber Heard: Ini adalah Kemunduran

Kompas.com - 02/06/2022, 06:44 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com- Aktris Amber Heard mengeluarkan pernyataan setelah mantan suaminya, Johnny Depp, menang dalam gugatan pencemaran nama baik terhadap dirinya, Rabu (1/6/2022).

Menyusul keputusan juri pada hari Rabu (1/6/2022), Heard mengungkap rasa kecewanya atas hasil sidang lewat unggahan di Twitter.

"Kekecewaan yang saya rasakan hari ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata," kata Amber.

"Saya sangat sedih karena segunung bukti masih belum cukup untuk melawan kekuatan, pengaruh, dan pengaruh yang tidak proporsional dari mantan suami saya," lanjutnya.

 

Bintang Aquaman itu kemudiang menyinggung tentang hasil keputusan yang menurutnya menjadi kemunduran bagi wanita lain yang ingin bersuara.

"Saya bahkan lebih kecewa dengan apa arti putusan ini bagi wanita lain. Ini adalah kemunduran," kata Amber.

"Ini mengembalikan waktu ke masa ketika seorang wanita yang angkat bicara dan berbicara bisa dipermalukan dan dihina di depan umum. Ini mengembalikan gagasan itu. Bahwa kekerasan terhadap perempuan harus ditanggapi dengan serius," sambungnya.

Baca juga: Awal Mula Kasus Gugatan Rp 730 Miliar Johnny Depp terhadap Amber Heard

Lebih lanjut Amber mengatakan bahwa pengacara Depp berhasil membuat juri mengabaikan masalah utama dari persidangan itu, yaitu kebebasan berbicara.

"Saya yakin pengacara Johnny berhasil membuat juri mengabaikan masalah utama Kebebasan Berbicara dan mengabaikan bukti yang begitu meyakinkan sehingga kami menang di Inggris," ucap Amber.

"Saya sedih kalah dalam kasus ini. Tetapi saya lebih sedih lagi karena saya tampaknya telah kehilangan hak yang saya pikir saya miliki sebagai orang Amerika, untuk berbicara dengan bebas dan terbuka," kata Heard.

Sebagai informasi, kasus gugatan Depp senilai 50 juta dolar AS (sekitar Rp 730 miliar) ini bermula saat Heard menulis op-ed 2018 untuk The Washington Post tentang masalah kekerasan dalam rumah tangga.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Amber Heard jika Johnny Depp Menang di Pengadilan?

Meskipun tidak pernah menyebut Depp, bintang Pirates of the Caribbean mengklaim bahwa tulisan itu merusak karirnya.

Sebagai tanggapan, Heard mengajukan gugatan balik terhadapnya sebesar 100 juta dolar AS (sekitar Rp 1,4 triliun).

Juri pengadilan sipil memberi Depp 15 juta— 10 juta dolar AS sebagai kompensasi kerusakan (Rp 145 miliar- Rp 218 miliar) dan 5 juta dolar AS (Rp 72 miliar) sebagai ganti rugi.

Juri juga memberi Heard 2 juta dolar AS (sekitar Rp 29 miliar)sebagai kompensasi kerusakan, menemukan bahwa mantan pengacara Depp Adam Waldman telah membuat komentar memfitnah tentang aktris Aquaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com