Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Tulis Jurnal Bersyukur, Raline Shah: Kebiasaan yang Diajarin Salah Satu Mantan Aku

Kompas.com - 15/05/2022, 14:41 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Terbiasa menulis jurnal pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur, aktris Raline Shah ungkap cerita awal kegiatan itu menjadi rutinitas hariannya.

Kebiasaannya itu sebenarnya bukan hal yang rutin dilakukan sejak kecil.

Melainkan sebuah kebiasaan yang diajarkan oleh mantan kekasihnya dan terbawa sampai sekarang.

"Ini sebuah kebiasaan yang diajarin oleh salah satu mantan aku gitu," ujar Raline dikutip dari YouTube TonightShowNet.

Kegiatan menulis di jurnal itu sudah lima tahun ini menjadi bagian dari rutinitas hariannya dan hampir Raline tidak pernah melewatkan satu hari tanpa menulis di jurnalnya.

Baca juga: Sering Ketemu Selebritas Dunia, Raline Shah: Mereka Suka Indonesia

Pernah suatu kali Raline lupa menulis, dia mengganti tulisan itu keesokan harinya.

Ada kenikmatan tersendiri bagi Raline dengan menulis di jurnal yang disebutnya gratitude journal.

"Jadi, kalau kita bersyukur diawal hari dan diakhir hari, kita Insya Allah setiap hari akan melihat kebahagiaan, dari sudut pandang kita itu selalu bahagia," kata Raline.

"Karena kita lihatnya 'ya oke ini aku enggak ada, tapi yang kita cari yang ada dulu,' yang bisa kita syukuri dulu," lanjutnya.

Hal yang bisa disyukurinya juga tidak harus sesuatu yang besar. Raline memberikan contoh sederhana seperti masih bisa bertemu neneknya di hari itu.

Baca juga: Raline Shah: Perjalanan Tiap Orang Berbeda soal Pernikahan

Sementara ketika malam menjelang tidur, dengan menulis jurnal Raline seakan mendapatkan pelajaran untuk menjadi pribadi lebih baik keesokan harinya.

"Malamnya apa yang bisa aku lakukan lebih baik dari hari ini. Misal hari ini mungkin hilang kesabaran, besok bisa lebih baik lagi," kata Raline.

Menurutnya dengan menulis jurnal dan kembali membacanya terkadang membuat Raline ingat kebaikan-kebaikan kecil orang lain yang mungkin terlupakan.

Walaupun tak semuanya tertulis indah, tapi Raline mencoba melihat dari sisi positif dari setiap kejadian dalam hidupnya, sehingga dia tetap bisa belajar.

"Ada juga lah kepahitan-kepahitan yang buat kita lebih positif karena pengalaman pahit itu yang bikin kita manis," ucap Raline sambil tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com