Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki Lokasi KKN di Desa Penari, Benarkah di Banyuwangi?

Kompas.com - 13/05/2022, 10:30 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas film KKN di Desa Penari diiringi dengan meningkatnya rasa penasaran publik terhadap lokasi Desa Penari.

Tak heran, sebab klaimnya cerita KKN di Desa Penari berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada tahun 2009.

Sejak utas KKN di Desa Penari yang ditulis akun Twitter SimpleMan pada 2019 viral, warganet mulai bergantian menebak di mana lokasi Desa Penari tempat terjadinya hal-hal mistis yang menimpa para mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Di saat yang sama bermunculan kreator konten YouTube melakukan pencarian lokasi Desa Penari termasuk yang cukup terkenal adalah investigasi Rowo Bayu.

Baca juga: Ketika KKN di Desa Penari Lewati Rekor Pengabdi Setan sebagai Film Horor Terlaris Indonesia...

Rowo Bayu adalah tempat wisata yang terletak di Desa Bayu, Kecamatan Songgong, Banyuwangi, Jawa Timur.

Terdapat telaga di tengah rimbunnya pohon. Dulunya adalah tempat Raja Blambangan, Prabu Tawang Alun, bermeditasi. Warga lokal mempercayai telaga itu sebagai tempat sakral.

Namun, dalam klarifikasinya di YouTube Raditya Dika, SimpleMan menegaskan bahwa tidak ada hubungan antara Desa Penari dengan Rowo Bayu.

"Beberapa orang membuat video penjelajahan ke lokasi desa Penari yang diduga berada di Rowo Bayu, saya tegaskan bahwa kejadian ini tidak ada hubungannya sama Rowo Bayu,"ucapnya dikutip Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: 5 Alasan Film KKN di Desa Penari Bikin Penasaran untuk Ditonton

Selanjutnya, masih di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, lokasi desa Penari disebut-sebut terletak di Alas Gumitir. Penghubung Kota Jember dan Banyuwangi, di sana terdapat patung menari di gapura selamat datang.

Lalu dugaan berikutnya soal lokasi Desa Penari adalah di sebuah dusun di Kecamatan, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Rumornya, informasi tersebut diperoleh langsung dari seorang yang mengaku teman KKN Nur dan Widya. Investigasi itu selanjutnya dikembangkan oleh kreator konten di YouTube Topi Jerami.

Di tengah teka-teki soal lokasi Desa Penari, produser KKN di Desa Penari, Manoj Punjabi ikut mempertanyakan soal kebenaran lokasi Desa Penari di Banyuwangi.

Baca juga: Manoj Punjabi Bicara soal Penambahan Layar untuk Film KKN di Desa Penari

"Bersama Bupati Banyuwangi? Hmm... Apakah cerita @KKNMOVIE beneran kejadian di Banyuwangi?" tulis Manoj Punjabi dikutip Kompas.com dari Instagram @manojpunjabimd, Jumat (13/5/2022).

Lokasi Desa Penari tempat terjadinya hal-hal mistis pada mahasiswa KKN memang sedari awal dirahasiakan oleh penulis.

SimpleMan juga mengaku mengubah, mengurangi, dan menambah cerita KKN di Desa Penari untuk melindungi identitas narasumber.

Beberapa bagian yang diubah seperti peserta KKN yang sebenarnya ada 14 orang dan ada dosen pengawas.

"Ada bagian yang saya lebih-lebihkan, ada bagian yang saya kurangi karena alasan saya sendiri merasakan cerita ini terlalu gila kalau dipikirkan secara logika," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com