Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapper Young Thug Ditahan karena Diduga Terlibat dalam Kasus Geng Jalanan

Kompas.com - 11/05/2022, 13:36 WIB
Cynthia Lova,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rapper Young Thug diamankan dan ditahan karena diduga melakukan pemerasan dan terlibat dalam aktivitas geng jalanan.

Pemilik nama asli Jeffery Williams dimasukkan ke penjara Fulton County pada hari Senin (9/5/2022) lalu, usai dinyatakan melanggar hukum RICO dan terlibat dalam geng jalanan.

Hukum RICO atau Racketeer Influenced and Corrupt Organizations merupakan pakta yang dibuat tahun 1970 yang bertujuan untuk melawan mafia atau geng, sekutu, dan juga keluarganya.

Dilansir dari ETonline, Rabu (11/5/2022), Young Thug melanggar hukum RICO dan terlibat dalam sebuah kasus pada Januari 2013.

 

Tak hanya itu, Young Thug diduga ikut berpartisipasi dalam aktivitas kriminal geng jalanan pada Mei 2018.

Sampai saat ini, Young Thug belum dibebaskan dari penjara.

Menurut dokumen pengadilan Fulton County yang diperoleh ETonline, Young Thug diduga menyewa mobil sewaan yang digunakan dalam pembunuhan anggota geng saingannya, Donovan Thomas Jr., pada tahun 2015.

Ada 56 laporan dari kasus tersebut. Tak hanya Young Thug, ada 28 tersangka lainnya yang terlibat termasuk label rekaman YSL (Young Stoner Life/Young Slime Life/Young Slatt Life) yang menaungi rapper tersebut.

Salah satunya Guna, yang memiliki nama asli Sergio Kitchens. Ia bersama PeeWee Roscoe, Yak Gotti, dan saudara laki-laki Young Thug, Unfoonk, juga didakwa kasus yang sama.

 

Yak Gotti dan empat orang lainnya didakwa melakukan pembunuhan atas kematian Thomas pada Januari 2015.

Dalam laporan tersebut menyebut bahwa daftar "tindakan lanjutan dari konspirasi" yang mencakup insiden antara 2013 dan 2022. Termasuk, insiden 2015, di mana PeeWee Roscoe dilaporkan karena menembak bus Lil Wayne.

Laporan tersebut juga mendefinisikan YSL yang menaungi Young Thug sebagai geng jalanan kriminal yang didirikan pada 2012 dengan afiliasi dengan Bloods.

Bloods merupakan geng jalanan yang terdiri dari keturunan Afrika-Amerika yang didirikan di Los Angeles, California.

Saat berbicara dengan WSBTV Atlanta, pengacara Young Thug, Brian Steel, mengatakan bahwa kliennya tidak melakukan kejahatan apapun.

"Saya akan memberi tahu Anda tanggapan atas tuduhan apapun. Tuan Williams (nama asli Young Thug) tidak melakukan kejahatan apapun dan kami akan berjuang sampai titik darah penghabisan untuk membersihkannya," tutur Steel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com