Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Vakum Bermusik, Elmatu Pernah Putus Asa dan Pulang Kampung

Kompas.com - 14/04/2022, 16:15 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Elmatu sempat putus asa setelah keluar dari X Factor Indonesia.

Rasa putus asa ini lantaran Elmatu sempat vakum di industri musik  dan luntang-lantung tanpa arah setelah grup buatan X Factor Indonesia, Nu Dimension memutuskan untuk berkarier sendiri-sendiri.

“Ada pasti (rasa putus asa) ada. Bahkan ada momen gue berhenti, gue pulang ke Makassar. Ada setengah tahun gue benar-benar enggak nyanyi. Gue menjauh dari musik untuk refresh aja,” ujar Elmatu di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (14/4/2022).

Selama setengah tahun vakum rehat dari industri musik, Elmatu belajar mengenali dirinya sendiri.

Baca juga: Perjuangan Elmatu Tetap Eksis di Industri Musik, Sempat Vakum sampai Nyanyi di Kafe

Pemilik nama asli Johanan Ariel Matulessy ini mulai mencari musik apa yang ia suka.

“Gue cuma pengin kenalin diri gue sendiri. Karena kalau gue mau bermusik gue harus kenalin diri gue sendiri. Apa yang gue suka, apa yang jadi favorit orang lain. Kira-kira apa ya yang didengarkan orang lain senang,” kata Elmatu.

Elmatu dikuatkan ibunda untuk kembali bermusik. Hingga akhirnya ia punya tekad untuk mengeluarkan sebuah karyanya sendiri.

“Akhirnya selama enam bulan gue dapat nyawa baru. Gue benar-benar enggak bermusik. Gue enggak dengarkan. Begitu gue dengarkan, gue merasa kembali jatuh cintanya bermusik. Gue langsung ingat alasan kenapa jadi penyanyi,” tutur Elmatu.

Baca juga: Elmatu Bawakan Ulang Menanti Sebuah Jawaban, Piyu Padi Langsung Puji

Perjuangan Elmatu itu kini berbuah hasil. Singel Elmatu “Aku yang Salah” menjadi trending dan viral di TikTok. Nama Elmatu pun kian bersinar di industri musik.

Kini Elmatu sudah mengeluarkan sembilan singel. Baru-baru ini, Elmatu mengeluarkan singel dengan mendaur ulang lagu “Menanti Sebuah Jawaban" milik band Padi Reborn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com