Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Klitih, Erix Soekamti Beberkan Situasi Yogyakarta Terkini

Kompas.com - 08/04/2022, 13:22 WIB
Revi C. Rantung,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Erix Soekamti membeberkan situasi Yogyakarta saat ini pascamaraknya kelompok klitih yang meresahkan masyarakat.

Seperti diketahui, aksi kelompok klitih kembali memakan korban jiwa. Seorang pelajar sekolah menengah atas (SMA) bernama Daffa Adziin Albasith (18) menjadi korban tewas klitih di Gedongkuning, Jogja.

Erix Soekamti berujar, untuk saat ini situasi di perkotaan Yogyakarta masih sama seperti biasanya, terutama pada malam hari.

Hanya saja, maraknya kelompok klitih muncul di daerah pinggiran kota Yogyakarta yang sepi.

Baca juga: Merespons Maraknya Klitih di Yogya, Erix Soekamti Lakukan Aksi Nyata #JogjaGelutDay

“Kalau di kota masih sama. Ini yang paling dikhawatirkan yang dipinggiran toh, yang jalannya sepi gitu, sekarang sangat sepi sekali sekarang enggak ada yang berani lewat,” kata Erix Soekamti saat dihubungi Kompas.com, Kamis (8/4/2022).

“Kalau perkotaan ramai, masih tetap ramai, walaupun jam 12 malam off ya. Tengah kota kalau ramai mereka (kelompok klitih) enggak berani nongol, jadi nongolnya itu di jalan-jalan yang sepi,” tambah Erix.

Selain itu, pemain bas dan vokalis grup band Endang Soekamti itu berharap agar pemerintah bisa meredam aksi kelompok klitih tersebut.

Pasalnya, jika dibiarkan nantinya bakal mencoreng citra kota Yogyakarta.

Baca juga: Erix Soekamti Kebingungan Ditanya Foto-foto Jadul di Villa Ahmad Dhani

“Kalau ini diteruskan dan tidak ada ketegasan, dan pemerintah, ya, saya rasa akan mengganggu reputasi Yogyakarta yang katanya terbuat dari kerinduan kan, angkringan dan romantisme, kenyamanan, dan lain-lain akan hilang,” ucap Erix.

Trust-nya akan hilang,” ungkap Erix menambahkan.

Sementara itu, merespons maraknya kelompok klitih, Erix Soekamti menginisiasi #JogjaGelutDay.

#JogjaGelutDay merupakan wadah yang disiapkan Erix untuk mengumpulkan orang-orang yang ingin mengaktualisasikan dirinya ketimbang harus menjadi kelompok klitih.

Baca juga: Erix Soekamti Harapkan Bantuan Pemerintah dalam Penanggulangan Sampah di Desa Wisata Nglinggo

#JogjaGelutDay bakal digelar bulan Juni 2022 mendatang dan bagi pemenangnya akan mendapatkan hadiah.

“Jadi yang kami lakukan adalah salah satu dari sekian banyak usaha untuk meredam itu. Semoga juga hasilnya terasa dan ini yang bisa kami lakukan,” tutur Erix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com