Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Normalisasi Hubungan dengan Anak di Bawah Umur, Drakor Twenty-Five Twenty-One Banjir Kritik

Kompas.com - 14/03/2022, 16:00 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com - Drama Korea (drakor) Twenty-Five Twenty-One tuai kritik netizen Korea Selatan usai menayangkan episode 9 dan 10.

Netizen menganggap hubungan antara karakter Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk) dan Na Hee Do (Kim Tae Ri) sebagai kisah cinta orang dewasa dengan anak di bawah umur.

Hal ini karena dalam drama tersebut Na Hee Do diceritakan baru berusia 19 tahun dan pria yang mencintainya, Baek Yi Jin berusia 23 tahun.

Na Hee Do masih duduk di kelas 2 SMA, sementara Baek Yi Jin adalah seorang mahasiswa gang terpaksa cuti karena keluarganya bangkrut di tengah krisis IMF.

Baca juga: Preview Episode 9 Twenty-Five Twenty-One, Nam Joo Hyuk dan Kim Tae Ri Diganggu Saat Bertatapan

Usia legal di Korea Selatan adalah 20 tahun, sehingga Na Hee Do tetap berstatus sebagai anak di bawah umur meskipun perbedaan usianya dengan Baek Yi Jin hanya terpaut 4 tahun.

Dilansir dari Koreaboo, Senin (14/3/2022), adegan di episode terbaru Twenty-Five Twenty-One ketika Baek Yi Jin menyatakan perasaannya pada Na Hee Do lah yang ramai dikritik netizen di komunitas online, Theqoo.

Drama yang tayang di tvN dan Netflix itu disebut menormalkan hubungan antara orang dewasa dengan anak di bawah umur.

“Bayangkan seorang anak kuliahan melakukan pendekatan pada seorang gadis SMA. Siapa pun akan menganggap itu gila," komentar netizen.

Baca juga: Para Pemain Twenty-Five Twenty-One Akan Nyanyikan OST Bersama

"Hanya karena dia (Na Hee Do) hampir 21 tahun, tidak mengubah fakta bahwa dia berusia 19 tahun. Tolong, romansa antara orang dewasa," komentar netizen lain.

“Apakah seorang pria berusia 23 tahun bergaul dengan anak-anak SMA dan menyatakan perasaan romantis kepada seorang gadis berusia 19 tahun dianggap normal sekarang? Kenyataannya, jika anak di bawah umur mulai memiliki perasaan untuk orang dewasa, orang dewasanya harus sadar dan pergi. Mengapa acaranya berjudul Twenty-Five Twenty-One jika untuk 10 episode mereka masih berusia 23-19? Seharusnya itu disebut Twenty-Three Nineteen," komentar netizen lain.

Berbeda dengan netizen Korea, penonton internasional justru menangkap romansa antara Na Hee Do dengan Baek Yi Jin.

Mereka menuliskan dukungan pada pasangan itu melalui twit hingga di Indonesia sendiri tagar #TwentyFiveTwentyOneEp10 masuk jajaran trending topic Twitter pada Senin (14/3/2022).

Baca juga: 7 Tontonan yang Cocok bagi Penggemar Drama Twenty Five, Twenty One

"'Aku mencintaimu. Aku tidak butuh pelangi', Apa yang membuat pengakuan ini begitu menawan adalah kombinasi sempurna antara waktu dan kemahiran. Dia menunggu pada waktu yang tepat untuk memproses perasaannya dengan benar. Sederhana namun dalam dan sepenuh hati," tulis akun Twitter @zygmaud.

Twenty-Five Twenty-One tayang perdana pada 12 Februari 2022.

Menceritakan kisah cinta dan pelajaran hidup antara atlet anggar Na Hee Do dengan wartawan Baek Yi Jin di tengah krisis IMF Korea pada 1998.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com