Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prilly Latuconsina Sesalkan Banyak yang Masih Anggap Remeh Kesehatan Mental

Kompas.com - 01/02/2022, 14:24 WIB
Firda Janati,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Prilly Latuconsina menyesalkan masih banyak orang yang menganggap remeh soal isu kesehatan mental.

Memproduseri film yang mengangkat isu kesehatan mental bipolar disorder, Prilly Latuconsina menyadari sesuatu yang masih banyak terjadi di kehidupan nyata.

"Kalau kita ketemu sama orang bipolar masih banyak banget ada orang yang kayak 'lebay banget sih lu, kayak gitu saja sedih. Apaan sih ganggu deh, impulsif banget'," ujar Prilly Latuconsina saat ditemui di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2022).

Prilly Latuconsina melihat banyak orang yang belum memahami perasaan dari para pengidap kesehatan mental bipolar disorder.

"Padahal, apa yang mereka rasakan itu adalah perasaan yang nyata, perasaan yang valid dan itu adalah mental illness yang mereka alami," ucap Prilly.

Baca juga: Debut Jadi Produser di Film Kukira Kau Rumah, Prilly Latuconsina Akui Deg-degan

Aktis berusia 25 tahun itu berujar, tidak sedikit yang masih menganggap remeh emosi yang dirasakan seseorang.

"Kita sering banget menggampangkan emosi orang, menggampangkan rasa yang dirasakan orang," ujarnya.

Prilly Latuconsina kemudian menjelaskan contoh nyata yang sering terjadi di kehidupan nyata saat berhadapan dengan pengidap bipolar.

"Misalkan lagi stres, terus kepikiran untuk mengakhiri hidup dan menyakiti diri sendiri dengan cutting, (direspons) 'sumpah lu enggak ada bersyukur-bersyukurnya jadi manusia, sudah dikasih napas, sudah dikasih makan masih aja nyilet'," kata Prilly.

Dari situ, ia menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang menganggap enteng gangguan kesehatan mental.

Baca juga: Demi Kukira Kau Rumah, Prilly Latuconsina Konsultasi ke Psikolog dan Gandeng Komunitas Bipolar Care Indonesia

"Kita tuh sering banget meremehkan sama apa yang orang lain rasakan, terlalu cepat nge-judge karena kita tuh enggak ada di hidup mereka," ujar Prilly lagi.

Menurut Prilly Latuconsina, tidak ada satupun manusia yang berhak menilai dan menghakimi hidup orang lain.

"Kita enggak pernah tahu di keluarganya seperti apa, terhadap orangtuanya seperti apa, jadi jangan pernah meremehkan kesehatan mental orang dan kesehatan mental diri sendiri," ungkap Prilly Latuconsina.

Sebagai informasi, film Kukira Kau Rumah yang diproduseri Prilly Latuconsina mengisahkan tentang seorang pemuda yang kesepian bernama Pram (Jourdy Pranata).

Pram dikisahkan tidak dapat bentuk rasa "kasih" dari kedua orangtuanya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com