Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Penggalangan Donasi Rumah Gala yang Jadi Perselisihan antara Marissya Icha dan Doddy Sudrajat

Kompas.com - 10/01/2022, 07:21 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 673+300 pada Kamis, (4/11/2021).

Mobil bernomor polisi B 1264 BJU yang dikendarai Tubagus Joddy itu juga membawa penumpang anak mereka, Gala Sky Andriansyah, dan Asisten Rumah Tangga (ART), Siska Lorensa.

Dari kecelakaan tersebut, Joddy, Gala, dan Siska selamat. Sedangkan Vanessa dan Bibi dikebumikan dalam satu liang lahad di Taman Makam Islam Malaka, Jakarta Selatan, pada Jumat (5/11/2021).

Beberapa hari setelah itu, publik memberikan simpati hingga empati terhadap Gala. Salah satunya seperti selebgram Marissya Icha menginisiasi donasi rumah untuk Gala.

Alasan sahabat Vanessa Angel membuat donasi seperti itu mengingat tempat tinggal Gala saat ini yang ditinggalkan kedua orangtuanya masih kontrak.

Baca juga: Marissya Icha Akan Diperiksa Kemensos soal Donasi Rumah Gala, Bakal Siapkan Barang Bukti

"Karena kami lebih butuh dana saat ini untuk Gala punya tempat tinggal yang layak dan ke depan hidupnya dibuat jelas," ucap Marissya Icha.

Di dalam kanal YouTube MARISSYA, Marissya Icha memperlihatkan tengah mencetak mutasi rekening ke bank bersama Ibunda Bibi.

Keberatan

Kendati demikian, penggalangan donasi tersebut mendapatkan respons yang berbeda dari ayah Vanessa, Doddy Sudrajat.

Sebab, Doddy Sudrajat merasa kecewa karena tidak dilibatkan untuk hal itu.

"Kalau menurut mereka kan enggak ada salahnya, tapi harusnya diskusi juga, itu biar gimana cucu saya. Enggak bisa sepihak memutuskan menggalang donasi untuk membeli rumah," kata Doddy Sudrajat.

Baca juga: Marissya Icha Bakal Penuhi Panggilan Kemensos soal Penggalangan Donasi Rumah Gala Sky

Selain itu, menurut Doddy Sudrajat, penggalangan dana itu bak pengemis yang meminta kepada orang-orang.

"Kita diskusi kok seperti ngemis-ngemis dan minta-minta ke orang Kita enggak usah ngemis-ngemislah," ucap Doddy Sudrajat,

Laporkan

Setelah berangsur-angsur beberapa waktu, akhirnya Doddy Sudrajat memutuskan untuk melaporkan Marissya Icha ke Kementerian Sosial (Kemensos).

Dalam pernyataan melalui kuasa hukumnya, Djamaluddin Koedoeboen, Doddy Sudrajat menilai penggalangan dana tersebut tidak mengantongi izin dari Kemensos.

"Saya membaca dari list yang dikeluarkan Kemensos itu bahwasanya belum terdaftar di sana. Yang kami ketahui dari awal itu penggalangan dana ini atas nama pribadi," kata Djamaludin Koedoeboen saat konferensi pers di kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2022).

Baca juga: Tak Setuju Ada Penggalangan Donasi Rumah Gala, Doddy Sudrajat Laporkan Marissya Icha

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com