Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Tema Penyalin Cahaya Menang FFI 2021, Mian Tiara: Piala Citra Ini Saya Persembahkan untuk Penyintas Kekerasan Seksual

Kompas.com - 11/11/2021, 07:32 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Mian Tiara meraih penghargaan Pencipta Lagu Tema Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2021 berkat tembang ciptaannya, "Di Bawah Langit Raksasa", untuk film Penyalin Cahaya.

"Yang membawa saya ke panggung ini adalah keresahan saya, hal-hal yang tidak semestinya terjadi, tapi dibiarkan," kata Mian Tiara dalam pidato kemenangannya di Malam Anugerah FFI yang tayang di KompasTV, Rabu (10/11/2021) malam.

Baca juga: Menang Film Terbaik FFI 2021, Penyalin Cahaya Akan Tayang di Netflix 13 Januari 2022

"Lagu ini ada karena pelecehan seksual masih terus terjadi," lanjutnya.

Ia mengatakan, keresahannya akan pelecehan seksual mempertemukan dirinya dengan sutradara Penyalin Cahaya, Wregas Bhanuteja.

Mian Tiara menyebut lagunya sebagai sebuah balutan yang paling manis.

Baca juga: Penyalin Cahaya Borong 12 Piala Citra di FFI 2021

Namun, sekaligus sebagai pengingat bahwa di luar sana masih banyak perempuan, anak-anak, bahkan juga laki-laki yang mengalami kekerasan seksual dan tidak mendapatkan keadilan.

"Jadi saya persembahkan Piala Citra ini untuk teman-teman penyintas (kekerasan seksual), kamu enggak sendiri dan sekarang kita ada di sini untuk mendengarkan cerita kalian, thank you," ucap Mian.

"Di Bawah Langit Raksasa" mengungguli empat nomine lainnya, yakni Bam Mastro ("Never Look Back"), Aurora Ribero (Ali & Ratu Ratu Queens), Iqbaal Ramadhan & Tarapti Ikhtiar Rinrin ("On My Own" - SVMMERDOSE - Ali & Ratu Ratu Queens), Oscar Lolang & Titien Wattimena ("Doa" - Oscar Lolang - Cinta Bete), dan Umar Muslim (Musikalisasi Puisi karya Sapardi Djoko Darmono Hujan Bulan Juni - Ken Jenie & Mar Galo - Yuni).

Baca juga: Penyalin Cahaya Menang Film Terbaik Piala Citra FFI 2021

Pada perhelatan FFI kali ini ada 22 kategori yang dipertarungkan untuk mendapatkan Piala Citra.

Daftar nominasi merupakan hasil seleksi dan penjurian yang dilakukan oleh 54 juri yang berasal dari perwakilan asosiasi-asosiasi profesi perfilman.

Piala Citra tahun ini digelar bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, hari ketika Bapak Perfilman Indonesia Usmar Ismail dianugerahi gelar pahlawan nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com