Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasita Wonowidjojo, Animator asal Indonesia yang Ikut Garap Naevis di Video "Savage" aespa

Kompas.com - 11/10/2021, 11:47 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Animator asal Indonesia, Kasita Wonowidjojo, ikut terlibat dalam penggarapan karakter 3D Naevis dalam video musik lagu "Savage" girl group aespa.

Kasita menuturkan, ia bekerja untuk rumah produksi Giantstep Amerika Serikat sejak Agustus 2020 tanpa mengetahui proyek apa yang ia kerjakan.

Ternyata Giantstep dipercaya agensi SM Entertainment untuk membuat sejumlah avatar atau animasi 3D untuk aespa sejak debut, termasuk untuk lagu "Black Mamba".

Baca juga: Comeback dengan Savage, aespa Raih Berbagai Pencapaian Ini

Kasita mengatakan dia hanya bagian dari tim besar yang mengerjakan Naevis. Model keseluruhan Naevis digarap oleh banyak orang dari Korea hingga AS.

Ia mulai menangani karakter Naevis saat masih berbentuk konsep seni.

"Saya mengerjakan bagian materials atau shader Naevis, rambut, lighting, dan rendering," kata Kasita Wonowidjojo kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Comeback Savage, aespa Sapu Bersih Tangga Lagu iTunes di 17 Negara

Setelah menyelesaikan bagiannya, gambar Naevis dikirim ke tim di Korea untuk dirapikan lalu balik kembali ke pihak Giantstep di AS untuk finalisasi.

"Untuk bagian saya kayaknya ada hampir satu tahun, karena kami melalui banyak proses saling umpan balik dengan SM," ujar Kasita.

Perempuan berusia 32 tahun ini juga mengungkapkan kesulitan dalam membuat karakter Naevis.

Baca juga: Foto Konsep Aespa di Album Savage Dituding Plagiat

"Naevis harus terlihat nyata tetapi tetap digital, dan dia harus punya daya tarik untuk audiens Kpop. Itu adalah tampilan yang sangat spesifik yang sulit untuk dicapai," jelasnya

"Kami tidak bisa nembuatnya terlalu nyata, tetapi kami juga tidak bisa terlalu digital. Menyeimbangkannya sulit," sambung Kasita yang sejak usia 3 tahun tinggal di Singapura dan kini tinggal di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com