Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirilis Sejak 2017, Pesona Film Laut Bercerita Tak Lekang oleh Waktu

Kompas.com - 07/10/2021, 13:00 WIB
Felisitas Dhwani Wihangga,
Biru Cahya Imanda

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film pendek Laut Bercerita merupakan hasil adaptasi dari novel fiksi berjudul sama karangan Leila S. Chudori.

Film berdurasi 30 menit ini diluncurkan pada 2017 untuk mendampingi perilisan novelnya.

Tak hanya dibintangi Reza Rahadian, seluruh pemain dalam film pendek ini juga merupakan aktor-aktor papan atas, seperti Dian Sastrowardoyo, Ayushita Nugraha, Tio Pakusadewo, Aryani Willems, Lukman Sardi, Tanta Ginting, Ade Firman Hakim, dan lain-lain.

Bercerita mengenai aktivis tahun 1998, film pendek Laut Bercerita beserta novelnya masih menjadi karya seni yang digemari hingga lintas generasi.

Baca juga: 2.200 Tiket Nonton Bareng Laut Bercerita di Acara Gramedia Ludes dan Jadi Trending Twitter

Novel dan film yang menceritakan tentang konflik tahun 1998 ini tak hanya digandrungi oleh generasi X dan Y, tapi juga generasi Z.

Beberapa kali pada gelaran acara nonton bareng dan diskusi film Laut Bercerita, tiketnya dibabat habis hanya dalam waktu beberapa menit sejak pembukaannya.

Dalam acara 'Nobar dan Diskusi Laut Berceritayang diselenggarakan pada Rabu (6/10/2021), Leila S. Chudori menyatakan ketidaksangkaannya, bahwa film pendek ini akan harum namanya sampai hari ini.

Pembuatan film pendek Laut Bercerita awalnya hanya ditujukan untuk mendampingi perilisan novelnya pada 2017 lalu.

Baca juga: Laut Bercerita yang Bikin Merinding

"Jadi, sebetulnya film ini bukan dibuat setelah novelnya terbit, tetapi dibuat untuk ditayangkan pada acara perilisan novel," tutur Leila S. Chudori pada Rabu (6/10/2021).

Leila S. Chudori juga mengaku bahwa awalnya film ini hanya akan berdurasi 10 menit.

Akan tetapi, setelah proses syuting berlangsung, Pritagita Arianegara selaku sutradara mengusulkan beberapa adegan untuk mendukung emosi film Laut Bercerita.

Pada akhirnya, film pendek Laut Bercerita berdurasi kotor 40 menit dan menjadi 30 menit setelah melewati proses editing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com