Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunawan Maryanto Beberkan Keunggulan 10 Judul Film Pendek yang Terpilih di Kompetisi Produksi Film 2021 Kemendikbudristek

Kompas.com - 15/09/2021, 20:50 WIB
Vincentius Mario,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu juri di ajang Kompetisi Produksi (Kompro) Film 2021, aktor Gunawan Maryanto punya pandangan tersendiri tentang sepuluh judul film pendek yang terpilih di ajang tersebut.

Pemeran Siman dalam Hiruk-Pikuk si Al-Kisah ini menuturkan, sepuluh film itu telah menunjukkan gabungan antara ide dan karya yang kaya akan makna.

“Mereka punya satu pertanyaan yang jelas. Ide memang banyak, tapi bagaimana dari sekian ide mereka merangkum dalam satu pertanyaan yang jelas tentang fenomena sosial,” kata Gunawan Maryanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, Gunawan menyebut, gaya eksplorasi di antara 10 judul film itu memang menunjukkan suatu kebaruan.

Baca juga: Netflix dan Kemendikbud Gelar Kompetisi Film Pendek Bertema Pancasila

“Kedua, ada eksplorasi atau pendekatan yang dilakukan untuk mewujudkannya jadi satu karya, kerangka peristiwa yang kuat,” ucap Gunawan.

Peraih piala Citra kategori Pemeran Pria Utama Terbaik di FFI 2020 ini berharap apa yang disampaikan lewat film-film pendek itu nantinya bukan sekadar omong kosong belaka.

“Harapannya kita bisa melihat suatu keragaman dari pendekatan estetikanya. Kita bisa melihat dinamika sosial bisa fleksibel dan jelas. Bukan hanya sebagai omong kosong. Tapi bagaimana dinamika itu bisa tampak dalam durasi film pendek,” ucap Gunawan.

Sebagai informasi, Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru telah memilih sepuluh proposal film pendek terbaik.

Baca juga: Daftar 10 Judul Film Pendek yang Terpilih di Kompetisi Produksi Film 2021 Kemendikbudristek

Nantinya, sepuluh film ini siap diproduksi dan disokong sepenuhnya oleh pihak Kemendikbudristek.

Kompro Film Pendek Tahun 2021 dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama yang dimulai pada bulan April sampai Agustus 2021.

Sedangkan tahap kedua berlangsung sejak awal September hingga November 2021.

Baca juga: Kemendikbudristek Siap Garap 10 Proposal Film Pendek Terpilih pada Kompetisi Produksi Film 2021

Pada tahap satu, terdapat total 352 proposal film dari 29 provinsi seluruh Indonesia mengikuti seleksi dengan hasil 10 proposal yang terpilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com