Netflix dan Kemendikbud Gelar Kompetisi Film Pendek Bertema Pancasila

Kompas.com - 09/01/2020, 16:19 WIB
Mendikbud, perwakilan netflix dan pemain dari Industri film KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIMendikbud, perwakilan netflix dan pemain dari Industri film

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengadakan pelatihan penulisan untuk para filmmaker, Netflix dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) juga akan mengadakan kompetisi film pendek.

Menariknya, tema yang dipilih adalah Pancasila sebagai langkah untuk memajukan perfilman Indonesia.

“Ada kompetisi film pendek di Netflix yang temanya asas Pancasila. Hadiah 600 ribu dollar AS,” kata Nadiem saat jumpa pers di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: Bareng Kemendikbud, Netflix Adakan Pelatihan Penulisan Skenario Film di Hollywood

Sheila Timothy sebagai perwakilan dari Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) mendukung tema tersebut.

Menurut Sheila, tema tersebut menjadi sebuah hal yang menarik.

Dari tema tersebut dapat digali beragam sisi dari humanis hingga multikultural kebudayaan.

Baca juga: Golden Globe 2020, Netflix Harus Puas Hanya Masuk Banyak Nominasi

“Pancasila buat saya menarik banget karena menurut saya Pancasila itu punya banyak hal di dalamnya. Kami bedah ada humanisme, beliefs, multikultur, dan sebagainya. Bagaimana perbedaan yang bisa disampaikan dan tidak harus melulu jadi kaku,” tutur Sheila.

Oleh karenanya, dia berharap dengan tema tersebut membuat banyak filmmaker yang membuat cerita-cerita film itu lebih mudah untuk ditonton dan menghibur.

“Kalau saya ambil contoh film yang kita buat Tabula Rasa, kita bicara tentang Indonesia, tapi kita bicara lewat makanan,” ujarnya.

Baca juga: Deretan Film dan Serial Original Netflix yang Tayang Januari 2020

“Jadi bagimana justru challenge-nya membuat seperti yang Pak Menteri bilang membuat tema Pancasila menjadi cool, keren, entertaining, tapi punya bobot dan film yang baik adalah film yang entertaining, tapi bernilai untuk audience,” sambungnya.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X