Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Richard Lee Ditangkap, Muncul Petisi Dukungan yang Menyebutnya Penyelamat Wanita

Kompas.com - 12/08/2021, 11:55 WIB
Revi C. Rantung,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama dokter Richard Lee kini menjadi perbincangan usai ditangkap di kediamannya di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (11/8/2021).

Belum diketahui secara jelas apa yang menjadi alasan dokter sekaligus YouTuber itu ditangkap di rumahnya.

Kendati begitu, usai ditangkap muncul petisi melalui situs change.org yang mendukung Richard Lee.

Petisi itu didominasi perempuan yang mengajak orang lain untuk menandatanganinya.

Baca juga: Kuasa Hukum Pertanyakan Prosedur Penangkapan Dokter Richard Lee

Petisi itu berjudul "Selamatkan Tokoh Penyelamat Kaum Wanita Indonesia". Petisi ini dibuat sejak enam bulan lalu, saat awal perseturuan Richard Lee dengan Kartika Putri.

Pantauan Kompas.com, Kamis (12/8/2021), hingga saat ini petisi itu telah ditandatangani lebih dari 60.000 dengan target 75.000.

Isi dari petisi tersebut mendukung Richard Lee yang memberikan edukasi terkait produk kecantikan.

Di saat sosok dokter yang memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat umum, mengenai krim berbahaya dan tidak memiliki izin BPOM untuk tidak sembarangan digunakan, namun di salah artikan oleh beberapa oknum sebagai ‘menyerang’,” tulis petisi itu dikutip Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Richard Lee yang Kini Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Pelanggaran UU ITE

Dokter juga mengimbau agar Tokoh/Artis/Selebriti untuk berhati-hati menerima bentuk promosi atau penyebaran produk yang tidak memiliki izin edar ataupun perlu pengawasan dari ahli, dengan tujuan tidak memberikan informasi yang akhirnya di ikuti atau menjadi contoh yang tidak baik untuk khalayak banyak,” tambahnya.

Terakhir, isi petisi tersebut menyatakan peduli dan mau menerima adanya informasi dari dokter.

Dengan petisi ini, kami sebagai masyarakat yang peduli dan yang bersedia menerima edukasi & informasi yang benar mendukung dokter untuk memberantas oknum yang tidak bertanggung jawab serta untuk melanjutkan edukasi dan memberikan informasi yang tepat untuk semua khalayak masyarakat,” tulisnya.

Baca juga: Bingung Dokter Richard Lee Dijemput Paksa, Istri: Bapak Bawa Suami Saya ke Mana?

Juga dengan tujuan untuk menyadarkan dan menghimbau para Tokoh/Artis/Selebriti agar memberikan informasi yang faktual, serta didasari oleh kepentingan dalam mempromosikan yang aman dan dapat dipertanggung jawabkan, bukan dari dasar keuntungan pribadi saja,” tutupnya.

https://www.change.org/p/kapolri-bpk-listyo-sigit-prabowo-selamatkan-dokter-richard-dari-ketidakadilan-hukum?recruiter=413377818&utm_source=share_petition&utm_medium=twitter&utm_campaign=psf_combo_share_initial&utm_term=psf_combo_share_initial&recruited_by_id=d2e9fb81-ecd1-43fd-b098-5dbe7c031364
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com