Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disomasi, Deddy Corbuzier: Maafkan Kebodohan dan Sempitnya Pengetahuan Saya

Kompas.com - 30/06/2021, 18:25 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) melayangkan somasi terkait percakapannya dengan Mongol Stres, Deddy Corbuzier akhirnya meminta maaf dan mengakui kesalahannya telah menggunakan kata "gila".

"Akhirnya kena somasi.. Ya sudah... Ga apa apa.. Namanya manusia. Minta maaf kan baik.. Jadi saya minta maaf kalau ada yang tersinggung krn kata kata GILA..," tulis Deddy Corbuzier seperti dikutip Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Ayah Azka Corbuzier itu bersumpah dia tidak mengetahui kata yang digunakannya itu adalah sebuah kesalahan.

Baca juga: 3 Tuntutan Komunitas ODGJ untuk Deddy Corbuzier dan Mongol

Deddy Corbuzier berujar, kata "gila" yang ia gunakan itu merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

"Sumpah deh.. Saya ga tau kalau kata kata itu salah..Jujur sih saya kaget krn saya cek di KBBI masih pakai kata "Gila" dan saya baru Paham ada kata ODGJ. Artinya saya ga pinter dan gak update nih.. Maaf kan yaa.......," ujar Deddy Corbuzier.

"Maafkan kamiii. Maafkan kebodohaaaan dan sempitnya pengetahuan sayaaaaaa. Saya cuma youtuber biasa yang banyak salaaaaaah… maaf," lanjutnya.

Baca juga: Deddy Corbuzier dan Mongol Stres Disomasi, Dinilai Sesatkan Informasi soal ODGJ

Mengenai pernyataan komika Mongol Stres yang mengeklaim Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak akan terpapar virus corona, Deddy Corbuzier juga meminta maaf.

Namun, Deddy Corbuzier meluruskan maksud pernyataan Mongol masuk ke dalam konteks komedi.

"Saya rasa di konteks tsb @mongolstres konteks nya adalah ber komedi.. Dan kadang komedi memang tidak masuk dgn kenyataan atau logika.. Ini setau saya…," tulis Deddy Corbuzier.

Baca juga: Deddy Corbuzier soal Kesalahpahaman Podcast hingga Mengaku Lelah Tampil di Televisi

Deddy mengatakan, ia dan Mongol tak ada maksud untuk menghina.

"Ga mungkin ada tujuan menghina siapapun secara sengaja dr komedi tersebut di Podcast menurut saya...Maaf kami mungkin gak paham konteks.... Maaaaaaaf..," tambahnya.

Dia lalu mengingatkan kepada komika lain agar hati-hati berkomedi karena dikhawatirkan dapat menyinggung pihak tertentu dan membuat kesalahan.

Adapun dalam waktu 6x24 jam, PJS meminta agar Deddy Corbuzier menarik konten YouTube tersebut dan media lain di media sosialnya.

Baca juga: Deddy Corbuzier Mengaku Lelah Tampil di Program Televisi, Mengapa? 

PJS juga meminta agar mengupayakan secara serius menghentikan sirkulasi konten tersebut kepada pihak lain sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kekeliruan, penghinaan, dan perilaku mengolok-olok yang sudah terlanjur dilakukan.

"Menyampaikan permohonan maaf secara terbuka terkait podcast tersebut tersebut kepada seluruh ODGJ/PDM serta masyarakat, dan berjanji tidak mengulanginya lagi," ujar PJS dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com