Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rachel Vennya Akui Kurang Bijak Bikin Sayembara untuk Temukan Netizen

Kompas.com - 31/05/2021, 15:47 WIB
Firda Janati,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selebgram Rachel Vennya mengakui sayembara yang dilakukannya untuk menemukan seorang netizen adalah perbuatan yang kurang bijak.

Rachel sebenarnya hanya ingin memberi pelajaran dari kasus tersebut agar ke depannya netizen tidak lagi berkomentar kurang pantas dan menghina orang lain.

"Perbuatan gue emang ga bijak dan mungkin kurang tepat, tapi kadang orang-orang kayak gini butuh dikasih tau, dikasih pelajaran aja gitu kalo ga selamanya orang yang lo kata katain diem aja kayak batu," tulis Rachel Vennya di story Instagram-nya, dikutip Kompas.com, Senin (31/5/2021).

Baca juga: Okin Bicara Perceraian dengan Rachel Vennya dan Tak Ingin Menikah Lagi

Rachel lalu menyinggung soal anggapan orang yang menilai figur publik bisa memanfaatkan kekuatan mereka untuk menekan netizen.

"Kalo kayak gini pasti gue atau temen-temen public figure lainnya yang akan dibilang power abuse, atau jahat, atau apa lah, tapi kalo kalian bilangnya apa?" tanya Rachel.

"Coba pikir lagi jadi sama-sama mikir dan memposisikan diri aja sih. Kali masih ada yang bilang 'resiko public figure' sini gue balikin 'resiko kalian juga kalo kena kayak gini'," tegasnya.

Baca juga: Cara Okin dan Rachel Vennya Bagi Waktu Urus Anak

Mantan istri Niko Al Hakim ini juga sengaja memblokir akun-akun Instagram netizen yang sering berkomentar buruk tentang kehidupannya.

Rachel merasa hal itu perlu dilakukan daripada ia harus membuang waktu berharganya untuk meladeni mereka dengan emosi.

"Gue ga mau ngebiariin lo buat dosa dan gue gak mau bikin diri gue sendiri hilang kesabaran. Jadi kalo gue off comment, off replay dm ataupun block lo, ya berarti gue lagi menyelamatkan kita berdua dari lautan emosi dan ego," jelasnya.

Baca juga: Okin Akui Sudah Berusaha Perbaiki Rumah Tangganya dengan Rachel Vennya, tetapi...

Belajar dari kasus tersebut, Rachel mengingatkan sebuah pepatah yang mengatakan apa yang ditanam itulah yang akan dituai.

"Kalo mau masang ego masing-masing yaa kita lapor-laporan aja, tapi siapa yang akan menang? Gak ada kan? Think before you type, itu orang loh yang lo lagi komenin bukan saos sambel yang bisa lo complain," tutup Rachel Vennya.

Sebelumnya, Rachel Vennya dibuat geram dengan komentar yang kurang pantas dan bernada menghina dari seorang netizen yang bernama Fathin.

Baca juga: Niko Al Hakim Pamer Momen Makan Bareng Rachel Vennya dan Kedua Anak

Meski netizen itu sudah meminta maaf, Rachel tetap merasa perbuatan itu harus diusut untuk pembelajaran bagi yang lain.

Berniat memberi pelajaran, Rachel mengadakan sayembara Rp 15 juta GoFood untuk mereka yang bisa memberitahukan siapa Fathin itu.

Namun, aksi Rachel itu menuai pro dan kontra, ada yang mengatakan bahwa aksi itu bisa menjadi doxing untuk Fathin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com