Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MLD Jazz Project Season 4 Siap Ramaikan Festival Jazz Internasional

Kompas.com - 29/04/2021, 17:30 WIB
Hotria Mariana,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Grup band jazz jebolan ajang MLDare2Perform besutan MLDSPot, MLD Jazz Project Season 4 bakal beraksi meramaikan gelaran Jazz Auditoria Online 2021.

Adapun Jazz Auditoria Online adalah bentuk penyesuaian dari Jazz Auditoria di masa pandemi. Acara tersebut merupakan festival musik jazz asal Jepang yang digelar untuk memeriahkan Hari Jazz Internasional setiap 30 April.

Tak sedikit musisi jazz ternama dari berbagai negara terlibat dalam acara gagasan Blue Note Jepang tersebut.

Khusus MLD Jazz Project Season 4, grup band yang terdiri dari Puspallia (vokal), Timoti Hutagalung (drum), Yosua Sondakh (gitaris), Hafiz Aga (bass), Noah Revevalin (piano), dan Anggi Harahap (wind dan brass) tersebut dijadwalkan tampil pada segmen Artist Circle yang dimulai pukul 15.30 WIB di saluran Youtube Jazz Auditoria Online 2021.

Untuk menyaksikan aksi MLD Jazz Project Season 4 pada gelaran Jazz Auditoria Online 2021, silakan klik tautan ini.

Pencapaian MLD Jazz Project Season 4

Untuk sampai berada di titik seperti sekarang, termasuk tampil di acara bergengsi berskala internasional, MLD Jazz Project Season 4 mesti melewati jalan panjang. Masing-masing personel pun awalnya tidak saling mengenal.

Baca juga: Ketika Musisi Jazz Bicara Karya Baru Anastasya Poetri

Puspallia, Timoti, Yosua, Hafiz, Noah, dan Anggi baru dipertemukan usai terpilih dalam ajang MLDare2Perform 2019.

MLDare2Perform sendiri merupakan ajang pencarian musisi jazz muda besutan MLDSpot yang telah berjalan empat musim sejak 2016. Peserta yang lolos seleksi kemudian dipersatukan dalam satu grup band solid bernama MLD Jazz Project.

Usai memenangkan kompetisi tersebut, MLD Jazz Project Season 4 terus mendapat dukungan penuh dari MLDSpot.

Pada akhir 2019, grup band itu sukses menelurkan album debut yang terdiri dari empat lagu kover dan enam lagu orisinal. Karya ini telah tersedia di berbagai platform musik digital.

Adapun salah satu lagu kover yang dibawakan MLD Jazz Project Season 4 merupakan lagu yang pernah melambungkan nama penyanyi Reza Artamevia pada akhir 1990-an, yaitu “Pertama”.

Sederet music director kenamaan turut berpartisipasi dalam pembuatan album perdana MLD Jazz Project Season 4. Sebut saja Ronald Steven untuk lagu kover dan Nikita Dompas untuk lagu orisinal dari masing-masing personel band.

Baca juga: Sutradara Persembahkan Kemenangan Film Soul untuk Musik Jazz

Tak berselang lama, yaitu pada awal 2020, MLD Jazz Project Season 4 kembali merilissingle baru hasil aransemen ulang lagu berjudul “Semua Bisa Bilang”.

Sebagai informasi, lagu ciptaan Charles Hutagalung tersebut sempat menjadi hit di era 1970-an dan diaransemen ulang oleh sederet penyanyi populer, seperti The Mercy’s, Margie Segers, Betharia Sonatha, serta Balawan.

Selain menghasilkan album, MLD Jazz Project Season 4 juga kerap tampil di berbagai festival musik berskala nasional maupun internasional berkat dukungan MLDSpot.

Sebut saja Jazz Traffic Festival Surabaya, Ijen Jazz Festival Banyuwangi, Ngayogjazz, International Java Jazz Festival 2020, dan Jazz Auditoria Online 2021.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com