Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Edukasi dari Tempat Eksploitasi Satwa Liar, Manohara: Eksploitasi untuk Dapat Uang

Kompas.com - 18/04/2021, 19:02 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Manohara Odelia mengutarakan pendapatnya mengenai klaim edukasi dari tempat eksploitasi satwa liar.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram-nya, Manohara menyinggung aksi memberi makan lumba-lumba.

Menurut Manohara, kegiatan tersebut tidak bisa disebut dengan edukasi meski banyak orang yang bertujuan mendidik anak mereka tentang hewan.

Baca juga: Manohara Odelia Tanggapi Permintaan Maaf Lucinta Luna soal Eksploitasi Lumba-lumba

"Edukasi yang diterima anak-anak dari tempat seperti itu hanyalah tidak apa-apa untuk mengeksploitasi satwa untuk mendapatkan uang," tutur Manohara dalam bahasa Inggris dikutip Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Manohara Odelia menegaskan, yang dilakukan Lucinta Luna dalam video yang diduga mengeksploitasi lumba-lumba tidak dapat disebut sebagai edukasi.

"Sekali lagi, ini bukan belajar, bukan edukasi. Kalau ingin tahu jenis kelaminnya tidak harus ke tempat ekspoitasi hewan, ya. Cukup baca buku saja atau searching di Google," kata Manohara.

Baca juga: Dianggap Eksploitasi Lumba-Lumba, Lucinta Luna Dikecam Davina Hingga Susi Pudjiastuti

Artis film sekaligus model itu mengaku kecewa dengan banyaknya tempat wisata yang mengklaim sebagai edukasi hanya untuk mendapat uang dari turis.

"Ini mengecewakan, karena ini sama sekali bukan penyelamatan," ucapnya.

Menurut Manohara, penyelamatan satwa liar seharusnya direhabilitasi sebelum dilepaskan kembali, bukan diajarkan berinteraksi dengan turis.

"Itu bedanya antara pariwisata dan tempat rescue hewan, tujuan mereka bukan mendapat uang dari turis, tapi untuk merehabilitasi hewan supaya bisa dilepasliarkan kembali," ucapnya.

Baca juga: Tanggapan BKSDA soal Video Lucinta Luna Ditarik Lumba-Lumba

Sebelumnya, video Lucinta Luna ditarik lumba-lumba mencuri perhatian hingga mendapat kecaman dari banyak orang.

Lucinta terlihat memakai pelampung, memegang flipper, yang mana lumba-lumba dalam posisi terlentang saat menarik Lucinta Luna.

Akan tetapi dalam permintaan maafnya, Lucinta Luna menyebut ia sedang belajar tentang lumba-lumba, memberi makan, serta mengetahui jenis kelamin hewan tersebut.

Lucinta Luna juga menyebut tempat yang dia datangi bersama teman-temannya itu merupakan tempat penyelamatan lumba-lumba.

Meski sudah meminta maaf, Lucinta Luna tetap mendapat kritikan pedas dari banyak orang karena dianggap mengeksploitasi lumba-lumba.

Lokasi video tempat tersebut diketahui berada di Bali. Video itu telah tayang di Channel YouTube Lucinta Luna minggu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com