Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menderita Hipotiroid, Baekhyun EXO: Aku Ingin Debut Meski Berakhir Mati di Panggung

Kompas.com - 05/04/2021, 08:16 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Koreaboo

JAKARTA, KOMPAS.com- Penggemar EXO, EXO-L dibuat terkejut saat akhirnya mereka baru mengetahui fakta tentang kesehatan Baekhyun sebelum anggota EXO itu menjalani wajib militer.

Baekhyun dianggap begitu sempurna menyembunyikan kondisinya yang ternyata mengidap hipotiroid selama 10 tahun debut bersama EXO.

Kondisi Baekhyun itu terungkap setelah dia mendapat komentar negatif karena hanya bertugas sebagai pekerja layanan sosial saat menjalani wajib militer.

Baca juga: 10 Tahun Dirahasiakan, Baekhyun EXO Akhirnya Mengungkap Penyakitnya

Walaupun diungkap oleh Dispatch, tapi Baekhyun menjelaskan kalau dia awalnya ingin mengungkap kondisinya, tapi beruntung Dispatch telah bertanya lebih dulu, sehingga dia memutuskan mengonfirmasinya.

Dalam sebuah surat yang ditujukan pada penggemarnya, Baekhyun menulis pesan mengharukan tentang alasan dia merahasiakan hal tersebut sampai sekarang.

"Alasan mengapa aku tidak mengungkapkannya sampai sekarang, adalah karena mungkin akan terbentuk bias terhadapku, atau jika aku mengalami masa sulit, akan diasumsikan bahwa itu karena ini, atau jika aku muncul sedikit turun (kondisinya), ERI (EXO-L) mungkin khawatir," kata Baekhyun.

Baca juga: Siap Berpisah, Baekhyun EXO Tulis Pesan Mengharukan Saat Umumkan Tanggal Wamil

Dia juga mengungkap keputusan tetap melanjutkan debut di usianya yang masih 20 tahunan dengan kondisi yang seperti itu.

"Debutku dengan EXO hampir dibatalkan karena hipotiroid ini," tulis Baekhyun.

"Meskipun pasti ada banyak kesulitan ketika berpikir bagaimana Baekhyun yang berusia 20 tahunan tanpa ragu bicara 'aku ingin debut bahkan jika aku berakhir pingsan dan mati di panggung,'" tulisnya dalam pesan.

Dia hanya ingin menepati janjinya itu untuk dirinya sendiri, walaupun ada masa sulit, tapi apa yang dilaluinya juga menyenangkan hingga dia lupa akan kondisinya.

Baekhyun juga berpesan untuk tidak terlalu mengkhawatirkannya, dan membuat lelucon untuk penggemar atas penyakitnya.

"Tolong jangan terlalu khawatir dan bahkan jika wajah saya membengkak atau ada sesuatu di masa depan, saya harap kalian berpikir itu lucu," tulisnya di akhir surat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com