Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara hingga Bintang Drama Joseon Exorcist Minta Maaf

Kompas.com - 28/03/2021, 12:00 WIB
Melvina Tionardus,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Soompi

JAKARTA, KOMPAS.com - Drama Korea Joseon Exorcist harus menerima kenyataan pahit, penayangannya dihentikan karena protes atas distorsi sejarah.

Sutradara, penulis, hingga pemeran Joseon Exorcist akhirnya mengungkapkan pernintaan maaf.

Aktor Jang Dong Yoon adalah pemeran pertama yang secara pribadi meminta maaf atas keputusannya untuk tampil dalam drama itu. Diikuti dengan permintaan maaf dari lawan mainnya Park Sung Hoon dan Lee Yoo Bi.

Baca juga: Jang Dong Yoon Minta Maaf Atas Kontroversi Joseon Exorcist yang Dibintanginya

Sutradara Shin Kyung Soo, penulis naskah Park Gye Ok, dan tujuh pemeran utama lainnya juga telah meminta maaf.

"Sebagai sutradara yang bertanggung jawab atas semua keputusan akhir, saya merasa sangat bertanggung jawab atas kontroversi baru-baru ini dan ingin meminta maaf kepada pemirsa," tulis Shin Kyung Soo, dilansir Soompi, Minggu (28/3/2021).

"Saya juga ingin meminta maaf atas pernyataan yang terlambat ini karena berbagai situasi yang harus diselesaikan ketika drama dibatalkan," lanjut Shin Kyung Soo.

Baca juga: Fakta-fakta Penayangan Joseon Exorcist Dihentikan di Semua Platform Streaming

Sang sutradara juga mengaku seharusnya ia lebih berhati-hati tentang detail, cerita, dan ekspresi dari cerita karakter yang merupakan tokoh asli sejarah.

Namun ia juga menegaskan tidak menyutradarai dengan bias khusus atau perspektif sejarah yang berprasangka buruk, seperti yang dikritik oleh beberapa penonton. Kesalahannya ada pada kekurangan yang disebut di atas.

Park Gye Ok mengatakan kurangnya penilaian yang matang mengakibatkan kemarahan dan kelelahan penonton.

Baca juga: Kronologi Dihentikannya Penayangan Joseon Exorcist di Episode 2

"Saya dengan tulus meminta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan bagi pemirsa selama beberapa hari terakhir karena naskah yang saya tulis tanpa pertimbangan yang matang," ujarnya dalam pesan tertulis.

Ia sadar seharusnya ia menunjukkan lebih banyak rasa hormat kepada para pahlawan yang mendirikan dinasti Joseon dan meninggalkan pengaruh besar pada sejarah kita.

"Sebaliknya, saya bersandar pada fakta bahwa drama itu bergenre fantasi dan sangat menyesali penilaian puas yang saya buat sebagai hasilnya," aku Paek Gye Ok.

Baca juga: Penayangan Resmi Dihentikan, Semua Pemeran Hapus Unggahan Terkait Joseon Exorcist

Kim Dong Joon menuturkan pula ia kurang bertanggung jawab sebagai aktor

"Pertama, saya menunduk dan meminta maaf. Sebagai seorang aktor yang harus memilih proyeknya dengan hati-hati, saya tidak bertanggung jawab untuk ini sebagaimana seharusnya," kata Kim Dong Joon.

"Secara khusus, saya dengan tulus meminta maaf karena tidak mengenali isu bermasalah dan mengabaikan pentingnya sejarah, yang tidak boleh dianggap enteng dengan cara apa pun," jelas Kim Dong Joon.

Baca juga: Baru 2 Episode, Joseon Exorcist Akan Segera Dihapus dari Semua Platform Streaming

Sedangkan, aktor Kam Woo Sung menyatakan penyesalannya.

"Pertama, sebagai pemeran dan kru Joseon Exorcist SBS, saya meminta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang-orang dan pemirsa di seluruh negeri. Selain itu, sebagai aktor yang memiliki pengaruh besar di publik, saya menyesal telah menyebabkan kekecewaan yang dalam dan tak terhitung," Kam Woo Sung.

Permintaan maaf juga datang dari bintang lainnya, Jung Hye Sung, Geum Sae Rok, dan Seo Young Hee.

Baca juga: Dikritik Akibat Gunakan Properti China, Rating Joseon Exorcist Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com