Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Kemarin, Kisah Band Seventeen dan Tragedi Tsunami Banten

Kompas.com - 16/03/2021, 19:05 WIB
Widya Lestari Ningsih,
Rheisnayu Cyntara

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Kemarin yang rilis perdana di bioskop pada 3 Desember 2020 lalu, siap tayang di Bioskop Online mulai 19 Maret 2021 mendatang.

Film dokumenter garapan sutradara Upie Guava ini menceritakan perjalanan band Seventeen sejak awal terbentuk hingga akhirnya dipisahkan oleh maut dalam musibah yang mereka alami pada 2018 lalu.

Kisah film Kemarin diawali dengan cerita band Seventeen dalam formasi lama mereka, saat posisi vokalis masih diisi oleh Doni.

Baca juga: The Lost Pirate Kingdom, Dokumenter Kehidupan Bajak Laut Karibia

Dengan menggandeng Ifan Seventeen sebagai narator, penonton kemudian dibawa untuk mengikuti perjalanan karier band yang terbentuk pada 1999 ini.

Selama hampir dua dekade berkiprah di industri musik Indonesia, band yang digawangi oleh Ifan, Bani, Herman, Oki, dan Andi ini sukses mempopulerkan beberapa judul lagu.

Seperti lagu "Selalu Mengalah" yang dirilis pada 2008 dan "Jaga Selalu Hatimu", yang masuk dalam album Dunia Yang Indah (2011).

Baca juga: Sinopsis Billie Eilish: The Worlds a Little Blurry

Sedangkan judul film ini sendiri diambil dari lagu milik Seventeen berjudul "Kemarin", yang mendadak viral setelah bencana tsunami yang merenggut nyawa Bani, Herman, dan Andi di Tanjung Lesung pada 22 Desember 2018.

Saat tsunami menerjang, Seventeen diketahui sedang mengisi acara di tepi pantai Tanjung Lesung, Banten.

Selain tiga anggota Seventeen, tragedi tersebut juga menewaskan road manager bernama Oki Wijaya, Ujang dari kru, dan Dylan Sahara, istri dari Ifan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Serial Dokumenter yang Membahas Kasus Kontroversial

Menurut penuturan Ifan Seventeen, film ini didedikasikan untuk para personel dan orang-orang tercinta yang menjadi korban dalam tragedi tsunami tersebut.

Film ini dilengkapi dengan dokumentasi pribadi dari band, reka adegan yang diperankan oleh model, juga wawancara dari Ifan, para istri personel, serta manajemen.

Apabila Anda penasaran dengan kisah selengkapnya, nantikan kehadiran film Kemarin di Bioskop Online pada 19 Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com