Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

COVID Vs The World, Film Dokumenter tentang Virus yang Guncang Dunia

Kompas.com - 07/01/2021, 12:47 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran HISTORY mengumumkan penayangan film dokumenter COVID vs The World di seluruh Asia Tenggara dengan jadwal tayang berbeda di beberapa negara.

Film dokumenter ini menandai produksi bersama pertama dari A+E Television Network di Asia oleh organisasi tim produksi yang berbasis di Singapura, Tokyo, dan Seoul.

Berdurasi 60 menit, COVID vs The World disutradarai oleh Chris Humphrey, produser eksekutif dari doku-drama pemenang penghargaan Emmy, Scars of Nanking.

Penonton film dokumenter ini nantinya akan mendapatkan wawasan tentang Covid-19 dari sudut pandang virusnya, juga para ilmuwan yang bergulat untuk memahami dan menghadapi virus selama pandemi global.

Selain itu, film dokumenter ini menggali bagaimana para ilmuwan, dokter, dan pakar lainnya di Singapura, Cina, Jepang, Korea Selatan, dan Inggris bekerja tanpa lelah untuk memerangi mikro-patogen, serta kekhawatiran dan opini publik dan tokoh politik.

Baca juga: Film Outside The Wire Rilis Trailer Perdana, Gambarkan Kehidupan di Tahun 2036

COVID vs The World juga menunjukkan bagaimana penyakit tersebut telah memengaruhi orang-orang di garis depan.

Hal itu ditunjukkan melalui kesaksian pribadi para penyintas dan profesional perawatan kesehatan.

"Satu tahun setelah ditemukannya virus yang mengubah dunia, A + E Networks Asia dengan bangga mempersembahkan film dokumenter yang berwawasan luas tentang topik tersebut dari sudut pandang para ilmuwan," kata Saugato Banerjee, Managing Director, A + E Networks APAC dalam keterangan tertulis.

"Tim produksi kami di Singapura, Tokyo, dan Seoul bekerja tanpa lelah untuk memfilmkan, mengedit, dan memproduksi film dokumenter yang sangat emosional ini selama pandemi global," lanjutnya.

Baca juga: Trending di Twitter, Ini Sederet Kisah Hayao Miyazaki dalam Menggarap Film Animasi

Banerjee merasa senang dan bangga karena bisa menayangkan film tersebut untuk penonton di Asia Tenggara.

Terutama, bertepatan dengan peluncuran vaksin yang telah dikembangkan komunitas ilmiah dalam waktu yang sangat lama.

Tahun 2020 selamanya akan dikenang sebagai tahun, di mana Covid terjadi di dunia.

Ini mungkin bukan virus yang paling mematikan, tetapi telah menyebabkan penyakit yang cukup banyak membuat sistem rumah sakit dunia kewalahan dan memaksa negara-negara diisolasi.

COVID vs The World akan tayang di saluran HISTORY pada 11 Januari 2021 di Korea Selatan. Serta, di Jepang tanggal 14 Februari 2021.

Baca juga: Cerita Pembuatan Film Dokumenter Seventeen, Ifan: Endingnya Dikasih Tuhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com