Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerajaan Inggris Desak Netflix Cantumkan Label Fiksi untuk Serial The Crown

Kompas.com - 30/11/2020, 12:32 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Kerajaan Inggris mendesak layanan streaming Netflix untuk melabeli serial The Crown sebagai cerita fiksi. 

"Ini adalah karya fiksi yang diproduksi dengan sangat indah, sama halnya seperti serial TV lainnya. Netflix seharusnya lebih jelas sejak awal," kata Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden berbicara kepada Dailymail, seperti dilansir Kompas.com dari The Guardian, Senin (30/11/2020).

Oliver Dowden menambahkan, ada kekhawatiran para penonton akan menganggap cerita yang diangkat dalam The Crown sebagai fakta, bukan fiksi.

Baca juga: Alasan Pangeran William Enggan Tonton Serial Populer The Crown

"Tanpa ini (label cerita fiksi), saya takut generasi penonton yang tidak melewati peristiwanya menganggap cerita fiksi ini sebagai fakta," ujarnya lagi. 

Sejauh ini Netflix hanya memberikan peringatan bahwa The Crown memuat adegan telanjang, seks, kekerasan, dan bunuh diri.

Dengan muatan adegan seperti di atas, The Crown hanya bisa ditonton oleh pelanggan berusia 15 tahun ke atas.

Baca juga: Sinopsis The Crown Season 4, Tayang 15 November di Netflix

Oliver Dowden rencananya akan mengirim peringatan tertulis resmi kepada Netflix untuk menambahkan keterangan cerita fiksi sebelum serial itu tayang.

The Crown menjadi perbincangan hangat lantaran episode terbarunya mengangkat cerita kehancuran pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana.

Cerita yang ditulis oleh Peter Morgan ini dianggap menghancurkan citra Kerajaan Inggris.

Menurut data yang dirilis Netflix, The Crown sudah memiliki lebih dari 70 juta penonton di seluruh dunia yang menyaksikan perjalanannya hingga musim keempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com