Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu "Untukmu Indonesia” Tuai Apresiasi, Bernard Dinata Ungkap Proses Pembuatan Bareng Mahasiswa Lintas Negara

Kompas.com - 18/10/2020, 14:28 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Penyanyi berbakat Bernard Dinata kembali menarik perhatian banyak orang setelah merilis lagu berjudul “Untukmu Indonesia”. 

Lagu ini begitu mengena dengan kondisi saat ini, di mana pandemi tengah melanda.  

Bukan sekadar lagu, Bernard membuat lagu ini bersama mahasiswa lintas negara yang merupakan sahabat satu kampusnya di Berklee College of Music, Boston, Amerika Serikat. 

Dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (18/10/2020), Bernard mengungkap cerita di balik pembuatan lagu ini.  

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu I Tell All My Friends About You - Bernard Dinata

Penyanyi berusia 24 tahun ini mengatakan, lagu ini lahir dari rasa rindunya akan Indonesia setelah pandemi melanda yang membuatnya tak bisa melawat ke Tanah Air lantaran berada di Amerika. 

“Ingin sekali rasa nya hati ini dapat berbuat sesuatu, berbagi rasa, berdoa atau apapun yng dapat memberikan semangat juang dan menguatkan hati keluarga dan teman-teman di Indonesia, di mana sebagian besar keluarga saya juga masih bermukim di sana,” ucap Bernard. 

Usai menghubungi salah seorang temannya, Bernard terinspirasi untuk membuat lagu yang menunjukkan dukungan untuk Indonesia. 

Yang membuat lagu ini berbeda, Bernard menggandeng teman-temannya dari berbagai negara. 

Setidaknya ada mahasiswa dari 11 negara yang berkontribusi dalam lagu ini, di antaranya Abram (Indonesia), Emilia De Cola (Canada), Fraser Watt (Scotland), Mike Soto (Mexico), LIYA (Bulgaria), MANICA (Thailand), Adam Corneal (Trinidad & Tobago), Calvin Ives (Chicago, USA), Annamarie Rosanio (New York, USA), Lewloh (Singapore), dan Stephanie Pourgouri (Cyprus). 

Baca juga: Makan Siang Bareng, Daesung BIGBANG Beri Wejangan Penyanyi Bernard Dinata   

Menurut Bernard, “Lagu Untukmu Indonesia” memakan waktu empat bulan dalam pembuatannya. Mulai dari penulisan lagu, recording, hingga mastering. 

Proyek lagu ini terbilang cukup cepat rampung, Bernard mengaku itu semua karena teman-temannya antusias dalam membuat lagu ini meski berbeda kewarganegaraan. 

Bernard berharap, lagu ini bisa memberikan semangat positif kepada Indonesia sebagai tanah kelahirannya. 

“Kami ingin menyampaikan kepada Indonesia untuk tetap teguh dan tegar dan jangan hilang harapan di dalam menghadapi cobaan ini, mari kita kalahkan pandemi ini bersama,” ucap Bernard Dinata. 

Kini, tak berselang lama setelah dirilis, lagu ini ramai diperbincangkan warganet, sebagian besar mengapresiasi.  

Baca juga: Bernard Dinata Bermaksud Kawinkan Gaya Bermusik Amerika dengan Asia

Bahkan, banyak pesohor di Indonesia memberi apresiasi untuk “Lagu Untukmu Indonesia” di akun media sosialnya masing-masing, seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, presenter Darius Sinathrya, dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman. 

Sebelumnya, Bernard Dinata juga menjadi perbincangan warganet setelah ia berkesempatan magang di YG Entertainment yang menaungi BLACKPINK, BigBang, dan iKon

Bernard membagikan pengalamannya ketika bertemu dengan Daesung BigBang dan Lisa BLACKPINK selama magang di YG Entertainment. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com