Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelapkan Pajak, Mantan Kekasih Leonardo DiCaprio Dihukum 9 Bulan Layanan Sosial

Kompas.com - 14/09/2020, 11:45 WIB
Rintan Puspita Sari,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

Sumber FOXNEWS

KOMPAS.com - Model dan juga mantan kekasih Leonardo DiCaprio, Bar Refaeli dihukum oleh pengadilan Israel, Minggu (13/9/2020).

Bar Refaeli dihukum menjalani layanan masyarakat selama sembilan bulan bersama ibunya yang dijatuhi hukuman 16 bulan masa kurungan.

Keduanya mendapat hukuman karena melakukan penggelapan pajak. Hukuman ini sekaligus mengakhiri proses persidangan yang berkepanjangan.

Bar Refaeli dan ibunya dihukum pada bulan Juli 2020 lalu karena dinyatakan menghindari pembayaran pajak atas penghasilan yang mendekati 10 juta dolar AS atau Rp 149 miliar.

Refaeli memasuki gedung pengadilan Tel Aviv dengan kaus krem dan masker berwarna biru muda. Dia ditemani ayahnya, Raffi, ibunya, Zipi, dan pengacaranya.

Menurut pembelaan yang diterima oleh pengadilan, keduanya juga diperintahkan untuk membayar denda 1,5 juta dolar AS atau Rp 22 miliar atas jutaan pajak terhutang kepada negara.

Baca juga: Leonardo DiCaprio dan Robert De Niro Tawarkan Penggemar Bermain di Film Killers of the Flower Moon

Sementara itu, Zipi Refaeli akan mulai menjalani hukuman penjara minggu depan.

Kasus yang berkepanjangan ini muncul setelah Bar Refaeli dan keluarganya berupaya untuk mengecilkan hubungannya dengan Israel, merusak citra publiknya sebagai duta informal negara tersebut.

Padahal, wajah Bar Refaeli terpampang di papan ikan di seluruh Israel. Bahkan, tahun lalu, dia menjadi tuan rumah Kontes Lagu Eurovision di Tel Aviv.

Bar Refaeli disebut menghindari pajak dengan mengatakan selama bertahun-tahun berkeliling dunia dan tidak menetap lama di Israel.

Undang-undang pajak Israel menentukan tempat tinggal terutama pada apakah orang tersebut menghabiskan sebagian besar tahun kalender di negara tersebut.

Refaeli mengaku belum menghabiskan banyak waktu di Israel. Oleh karenanya, tidak perlu melaporkan penghasilannya selama tahun-tahun tertentu.

Jaksa menolak klaimnya dan menuduh Refaeli memberikan informasi pajak yang salah.

Baca juga: Ketika Nikita Mirzani Bersihkan Sampah di Kali dan Berpose bak Model

Dalam surat dakwaan, Refaeli disebut memperoleh sekitar 7,2 juta dolar AS atau Rp 107 miliar antara tahun 2009-2012, ketika mengaku tinggal di luar negeri untuk menghindari membayar pajak di Israel atas penghasilannya.

Bahkan, Bar Refaeli mengklaim tinggal di Amerika saat memiliki hubungan spesial dengan aktor Leonardo DiCaprio.

Dalam banding sebelumnya, pengadilan Israel memutuskan bahwa hubungan Refaeli dengan DiCaprio tidak memenuhi syarat sebagai keluarga.

Oleh karena itu, Bar Refaeli tidak dapat mengklaim tempat tinggalnya di Amerika Serikat untuk menghindari pembayaran penuh pajak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com