Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Film Indonesia 2020 Tetap Digelar 5 Desember

Kompas.com - 16/06/2020, 16:59 WIB
Ady Prawira Riandi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Film Indonesia 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal awal, yakni pada 5 Desember 2020.

Komite Penyelenggara FFI sejak jauh-jauh hari sudah menjadwalkan Malam Pengumuman Nominasi pada 7 November dan Malam Penganugerahan pada 5 Desember.

Beberapa ajang penghargaan film dunia, seperti Oscar dan BAFTA, sudah mengumumkan akan memundurkan jadwal penyelenggaraan mereka di tahun ini akibat adanya pandemi corona.

Baca juga: Berjaya di FFI 2019, Film Kucumbu Tubuh Indahku Tayang Lagi di Bioskop

"Secara pelaksanaan tentunya di tahun ini berbeda. Kita harus mempersiapkan segala kemungkinan," kata Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/6/2020).

Adapun Lukman menjelaskan bahwa tim Komite sudah menyiapkan dua alternatif untuk pelaksanaan Malam Pengumuman Nominasi dan Malam Penganugerahan Piala Citra.

Dua alternatif yang sudah disiapkan oleh FFI adalah pelaksanaan langsung dengan protokol kesehatan ketat dari pemerintah atau menggelarnya secara virtual.

Baca juga: Rianto, Penari Lengger di Kucumbu Tubuh Indahku Bangga Muhammad Khan Menang FFI 2019

"Mudah-mudahan apapun bentuknya tidak mengurangi nilai-nilai Festival Film Indonesia," kata Lukman Sardi.

Sejauh ini FFI sudah berhasil mengumpulkan 53 judul film panjang yang tayang di bioskop sejak 1 Oktober 2019 hingga 15 Maret 2020.

FFI juga masih membuka peluang bagi film-film yang perilisannya tertunda akibat bioskop ditutup selama masa pandemi corona ini.

Film-film tersebut nantinya akan dikurasi oleh tim penjurian dan hasilnya akan diumumkan sesuai jadwal yang disebutkan di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com