Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Korea Reomit: Saya Enggak Mau Ngajak Nyumbang tapi Enggak Ikut Nyumbang

Kompas.com - 21/03/2020, 09:11 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jang Hansol, YouTuber Korea yang fasih berbahasa Jawa membeberkan alasan spesifiknya mau menyumbangkan Rp 50 juta bagi masyarakat Indonesia di tengah penyebaran virus corona.

"Di kesempatan kali ini aku menyumbang uang yang cukup besar buat aku, yaitu Rp 50 juta. Dengan tujuan aku enggak pengin ngajak bolo-bolo 'Ayo nyumbang!' tapi aku sendiri enggak nyumbang," kata Hansol dalam video yang diunggahnya di akun Instagram @hansoljang110, Jumat (20/3/2020).

Pemilik kanal YouTube Korea Reomit itu mengaku, dengan dirinya turut aktif menyumbang ia ingin agar orang lain juga serius untuk menyisihkan uang bagi warga yang lebih membutuhkan.

Baca juga: YouTuber Korea Reomit, Hansol, Sumbang Rp 50 Juta untuk Atasi Corona di Indonesia

"Aku sendiri pengin menunjukkan kesungguhanku kepada bolo-bolo, kalau aku sendiri nyumbang. Aku berharap bolo-bolo bisa ikut ambil peran di kesempatan kali ini," tutur Hansol.

Kata Hansol, di tengah pandemi corona ini kita sebagai manusia yang memiliki cukup uang untuk makan selama seminggu mungkin masih bisa bertahan hidup.

Tetapi, pria yang pernah menetap di Malang, Jawa Timur itu mencoba menyadarkan para pengikut Instagram-nya untuk memikirkan mereka yang kekurangan secara finansial.

Baca juga: Sumbang Rp 50 Juta untuk Indonesia, Hansol: Yang Tak Punya Uang Bagaimana Beli Masker?

Menurutnya, jika mereka saja sulit untuk memikirkan beli makanan, bagaimana bisa memikirkan untuk membeli masker.

"Tapi bayangkan teman-teman kita yang bahkan buat makan besok aja enggak ada duitnya. Bagaimana mereka bisa melindungi diri mereka sendiri dari virus corona kalau bukan dari bantuan kita," ucap Hansol.

YouTuber yang terkenal dengan jargon "orang Korea yang medok" ini juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melalui laman donasinya di kitabisa.com.

Sampai saat berita ini dibuat, jumlah donasi yang terkumpul sudah mencapai Rp 183 juta.

Hansol menargetkan bisa menghimpun dana hingga Rp 500 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com