Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vidi Aldiano Kini Hidup dengan Satu Ginjal Setelah Operasi Kanker

Kompas.com - 20/12/2019, 17:53 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Vidi Aldiano mengaku kini hanya memilik satu ginjal setelah menjalani operasi pengangkatan kanker pada ginjal kirinya.

Hal itu dikatakan Vidi dalam sebuah video berjudul i HAD cancer di akun Youtube-nya, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (20/12/2019).

"Jumat 13 Desember kemarin gue angkat ginjal kiri gue semuanya. Karena sudah enggak bisa diapa-apain. Operasinya empat jam kurang lebih," kata Vidi.

Baca juga: Vidi Aldiano Sempat Depresi Tunggu Hasil Tes Kanker

Meski demikian, Vidi tetap berusaha menjalani hidupnya dengan optimistis.

"Dan sekarang saya hanya punya satu ginjal. Saya selalu berpikir untuk melakukan respons yang baik untuk semua ini. Tapi ini hidup guys, jalanin saja enggak sih," skata dia.

Pelantun "Status Palsu" itu menjelaskan, meski sudah menjalani operasi, masih ada kemungkinan sel kanker tersebut akan muncul kembali.

Baca juga: Vidi Aldiano Ceritakan Awal Mula Divonis Kanker Ginjal

Untuk itu, Vidi kini lebih menjaga pola makannya serta rutin melakukan cek kesehatan.

"Tapi, setelah ginjal gue di-remove di badan gue enggak ada cancer-nya. Tapi, jenis cancer gue adalah yang mungkin banget akan hadir lagi," jelas Vidi.

"Jadi, gue harus rajin kontrol. Tapi, gue sudah bisa balik aktivitas lagi. Gue tetap disuruh nyanyi, olahraga. Tapi, bedanya sekarang gue harus lebih kontrol makanan dan minuman yang masuk ke tubuh gue," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com