Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Selimut Berdasarkan Materialnya

Kompas.com - 20/05/2024, 20:30 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan seprai, selimut juga menyerap berbagai hal saat digunakan tidur, seperti keringat dan minyak tubuh, seiring waktu.

Maka itu, penting mencuci dan merawat selimut secara teratur demi menjaganya tetap bersih serta tahan lama. 

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan Selimut di Rumah agar Tetap Rapi

Menurut Rechelle Balanzat, ahli laundri dan pendiri Juliette–-layanan pembersihan laundri premium di New York, Amerika Serikat (AS) mencuci selimut setidaknya dilakukan beberapa bulan sekali untuk menghilangkan kuman dan kotoran, idealnya satu atau dua kali sebulan.

Untuk selimut katun, sebaiknya dicuci setiap minggu atau dua minggu sekali untuk mengurangi bulu hewan peliharaan dan debu di rumah.

Sementara untuk selimut bulu, cuci satu atau dua kali sebulan untuk memastikan kualitasnya tetap baik. Sedangkan untuk selimut wol, setiap tiga bulan menggunakan detergen lembut agar tidak merusak selimut saat mencucinya maupun mengeringkan.

Perlu diingat, mencuci selimut yang salah dapat menyebabkan kerusakan sehingga merawatnya dengan benar dapat meningkatkan umur pakainya.

Dikutip dari Martha Stewart, Senin, (20/5/2024), berikut cara mencuci selimut berdasarkan materialnya

Baca juga: Simak, Cara Mencuci Pakaian dan Selimut Rajut dengan Benar

Cara mencuci selimut sintetis

mencuci selimut buluShutterstock/brizmaker mencuci selimut bulu
1. Sebelum mencuci selimut sintetis, pastikan membaca petunjuk yang disediakan merek selimut. Sesuaikan suhu mesin cuci ke pengaturan pencucian hangat atau dingin, mengingat suhu terlalu panas dapat merusak serat selimut.

2. Gunakan detergen dalam jumlah sedikit. Sebab, terlalu banyak detergen dapat meninggalkan residu pada isi selimut.

3. Selanjutnya, cara mencuci selimut sentetis adalah mencucinya menggunakan siklus halus atau lembut dan gunakan siklus bilas ekstra jika memungkinkan.

4. Setelah siklus pencucian selesai, periksa kelembapan selimut. Jika masih terasa basah, ulangi siklus pengeringan untuk membantu mengurangi waktu pengeringan.

5. Selanjutnya, masukkan selimut ke mesin pengering dengan empat hingga lima bola pengering wol pada pengaturan panas rendah.

Proses pengeringan dapat memakan waktu beberapa jam. Meski selimut mungkin terlihat kering, lebih baik mengeringkannya secara berlebihan daripada meninggalkan isian yang masih lembap yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur.

6. Terakhir, cara mencuci selimut sintesis adalah memeriksa selimut ssetiap 30 meniut selama proses pengeringan. tujuntuk mendistribusikan kembali isian dan memecah gumpalan hingga benar-benar kering. 

Baca juga: Cara Mencuci Selimut Wol dengan Benar agar Tidak Rusak

Cara mencuci selimut bulu angsa

1. Pastikan membaca panduan yang disediakan oleh merek selimut bulu angsa sebelum mencucinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com