Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna yang Harus Dihindari dan Dipilih di Ruangan Sempit

Kompas.com - 31/08/2022, 09:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah dengan luasan terbatas, harus memikirkan bagaimana cara mendekorasi agar ruangan tampak lebih besar.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya pemilihan warna cat dinding di ruangan tersebut. Sebab, warna memengaruhi suasana dan pantulan sinar matahari atau pencahayaan di dalam ruangan tersebut.

Dilansir Southern Living, Rabu (31/8/2022), ada beberapa tren warna cat yang harus dihindari dan dipilih jika Anda menginginkan ruangan yang lebih besar. 

Baca juga: 3 Warna yang Harus Dihindari di Kamar Tidur

Ilustrasi ruang tamu UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu

1. Hindari nuansa warna gelap

Warna ungu dan coklat mungkin menjadi tren cat tahun ini, tetapi mungkin tidak cocok untuk ruangan kecil. Sebaliknya, cara termudah untuk membuat ruangan terasa lebih besar adalah dengan memilih cat putih, terutama dengan hasil akhir egg shell atau satin yang dapat membantu memantulkan cahaya, menciptakan tampilan lebih banyak ruang.

Jika Anda ingin menguji tren cat, warna yang lebih gelap itu cocok untuk ruangan dengan sedikit cahaya, seperti kamar rias.

2. Pilih warna putih lembut

Memilih warna cat yang tepat bisa menjadi tantangan dan itu bahkan berlaku untuk cat putih, yang hadir dalam berbagai pilihan yang menakjubkan.

Salah satu pilihan utama untuk cat putih adalah warna lembut dengan nada hangat yang secara alami akan memantulkan cahaya, menambah kecerahan tanpa terlihat steril.

 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Dapat Memberi Kenyamanan

Apa pun warna yang Anda pilih, pastikan untuk menguji cat putih di ruang yang akan digunakan untuk melihat bagaimana ia bereaksi terhadap cahaya dan bentuk ruangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com