Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua 379 Penumpang Japan Airlines Selamat, Mantan Pilot: Kita Baru Saksikan Keajaiban

Kompas.com - 02/01/2024, 18:47 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Japan Airlines mengatakan kepada kantor berita Kyodo, bahwa seluruh penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 379 orang berhasil dievakuasi tanpa mengalami cedera yang mengancam jiwa.

Disebutkan, para penumpang termasuk delapan anak-anak.

Diberitakan sebelumnya, sebuah pesawat Japan Airlines terbakar di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo pada Selasa (2/1/2024).

Baca juga: Video Japan Airlines Terbakar di Landasan Pacu Bandaran Haneda Tokyo

Seorang juru bicara Japan Airlines menambahkan, pesawat penumpang tersebut terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat Pasukan Penjaga Pantai Jepang di landasan pacu atau taxiway setelah mendarat.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan.

Sementara itu, seorang mantan pilot komersial bernama Roger Whitefield, mengatakan adalah sebuah keajaiban seluruh penumpang dan kru pesawat Japan Airlines berhasil selamat dalam insiden tersebut.

“Kita baru saja menyaksikan keajaiban. Cara mereka mengeluarkan seluruh penumpang dari pesawat hampir di luar dugaan,” kata Roger kepada Sky News.

Baca juga: UPDATE Japan Airlines Terbakar, Bawa 379 Penumpang dan Kru, 70 Mobil Pemadam Dikerahkan

Ia menyebut, rekaman maupun gambar-gambar menunjukkan asap telah keluar dari salah satu pintu belakang pesawat Japan Airlines, yang berarti jarak pandang di pesawat "pasti nihil".

“Bagi kru untuk mengeluarkan semua penumpang, ini adalah sebuah keajaiban. Tidak ada dua cara untuk melakukannya,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com