Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Belum Berhenti, Kali Ini Kirim Surat ke Xi Jinping

Kompas.com - 24/09/2023, 11:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah berjanji untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan China dalam sebuah surat kepada Presiden Xi Jinping, media pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan pada Minggu (24/9/2023), dilansir dari Reuters.

Surat tersebut merupakan tanggapan atas ucapan selamat yang dikirim Xi untuk ulang tahun pendirian Korea Utara bulan ini.

Presiden China tersebut telah menyatakan kesediaannya untuk memperkuat komunikasi strategis dan kerja sama tingkat kerja.

Baca juga: Politbiro Partai Komunis Korut Bahas Tindak Lanjut Kunjungan Kim Jong Un ke Rusia

"Saya percaya ... hubungan persahabatan dan kerja sama antara Korut dan China akan terus berkembang sesuai dengan tuntutan era baru dan keinginan kedua negara di masa depan," ujar Kim dalam surat yang dikirim pada Kamis (21/9/2023).

Sebelumnya, Kim membahas langkah-langkah tindak lanjut dari kunjungannya ke Rusia baru-baru ini dalam pertemuan resmi pertama politbiro Partai Pekerja yang berkuasa sejak kepulangannya.

Kim kembali ke rumah dari perjalanan selama seminggu ke Rusia minggu lalu di mana ia dan Presiden Rusia Vladimir Putin sepakat untuk meningkatkan kerja sama militer dan ekonomi.

Baca juga: Kim Jong Un Pulang ke Pyongyang, Korsel Beri Peringatan

Pada Rabu (20/9/2023), Kim memberikan pengarahan kepada politbiro komite pusat partai yang berkuasa tentang kunjungannya. Baca juga: Kim Jong Un Pulang ke Pyongyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com