Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah John F Kennedy Sudah Memprediksi Kematiannya Sendiri?

Kompas.com - 22/11/2022, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Snopes

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - 22 November 2022, menandai peringatan 59 tahun pembunuhan Presiden AS John F Kennedy tahun 1963.

Menjelang tonggak sejarah itu, penulis Paul Brandus memposting kutipan dari Kennedy di Twitter yang sepertinya menunjukkan Kennedy sudah meramalkan nasibnya sendiri.

Dilansir dari Snopes, kutipan, dan konteks selanjutnya, dapat ditemukan di buku tahun 2013, "Seratus Hari Terakhir JFK: Transformasi Seorang Pria dan Munculnya Seorang Presiden Hebat," sebuah buku oleh sejarawan, jurnalis, dan penulis Thurston Clarke.

Baca juga: 8 Pemimpin Negara Terkenal yang Dibunuh, dari John F Kennedy hingga Shinzo Abe

Buku tersebut secara langsung mengutip dan memparafrasekan pernyataan yang diduga diucapkan Kennedy kepada teman dekatnya Dave Powers, pada 18 November 1963, hanya empat hari sebelum pembunuhannya:

"Syukurlah tidak ada yang ingin membunuhku hari ini!" Kennedy membuat komentar semacam ini begitu sering sehingga Powers biasanya mengabaikannya.

Kali ini, dia menambahkan bahwa jika ada yang mencoba membunuhnya dengan senapan berkekuatan tinggi yang dilengkapi dengan penglihatan teleskopik, dia akan melakukannya selama iring-iringan mobi.

Brandus menceritakan kutipan itu dan kutipan menakutkan lainnya, yang dibuat tepat pada hari pembunuhan Kennedy di Dallas, dalam kolom tahun 2015 untuk majalah berita mingguan The Week, berjudul, "Apakah JFK memprediksi kematiannya sendiri?" Inilah bagiannya:

Baca juga: Putri John F Kennedy Dicalonkan Jadi Duta Besar AS untuk Australia

"Kennedy juga menceritakan kepada temannya, Dave Powers, bahwa dia benar-benar tidak ingin pergi ke Texas akhir minggu itu.

"Ya Tuhan, aku benci pergi ke Texas," kata JFK, menambahkan bahwa dia "merasa tidak enak untuk pergi."

Dan pada pagi hari pembunuhannya, Jumat, 22 November, perasaan buruk itu masih melekat padanya.

"Nanti malam akan menjadi malam yang luar biasa untuk membunuh seorang presiden," katanya kepada istrinya Jacqueline dan Ken O'Donnell, seorang pembantu utama.

Baca juga: Saat John F Kennedy Dimakamkan, Saat Amerika Serikat Berkabung

Brandus melanjutkan dengan menyatakan bahwa fiksasi Kennedy pada kematian mungkin karena banyak perselisihannya dengan itu.

Banyak anggota keluarga dekatnya yang sekarat, dan punya pengalaman mendekati kematian.

Gagasan bahwa Kennedy "memprediksi" kematiannya sendiri adalah kisah lama. Pada tahun 2016, Snopes menghubungi Perpustakaan Kepresidenan JFK menanyakan tentang kutipan Kennedy yang tampaknya diucapkan tepat sebelum kematiannya.

Baca juga: 24 Oktober 1963: Jack Ruby Tembak Lee Harvey Oswald, Pembunuh JFK

Perpustakaan mengirimkan pernyataan yang mencatat bahwa JFK memiliki sikap fatalistik tentang kemungkinan pembunuhan dan sikap ini sering disebut secara anekdot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com