Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Sebut Eks PM Inggris Liz Truss Gila Saat Bicara Peluang Rusia Pakai Nuklir

Kompas.com - 28/10/2022, 07:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Sky News

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutkan bahwa mantan Perdana Menteri Inggris Liz Truss gila ketika menyuarakan keprihatinan tentang senjata nuklir.

Dalam pidato utama di Moskwa, Putin menuding Liz Truss sedikit terlalu berlebihan dan mengaku "tidak pernah mengatakan apa pun secara proaktif tentang kemungkinan penggunaan senjata nuklir oleh Rusia".

"Kami hanya mengisyaratkan sebagai tanggapan atas pernyataan yang dibuat oleh para pemimpin Barat," tambah Putin.

Liz Truss saat berpidato di Sidang Umum PBB pada September 2022 menyampaikan, ancaman Putin untuk menggunakan senjata nuklir berdetak kencang.

Kemudian, Putin dalam debat yang disiarkan langsung oleh televisi di Moskwa pada Kamis (27/10/2022) menuduh Barat memainkan permainan berbahaya, kotor dan mematikan di Ukraina. Dia pun memperingatkan era dominasi Barat telah berakhir.

Dalam diskusi bertajuk A Post-Hegemonic World: Justice and Security For Everyone, Presiden Rusia berusia 70 tahun itu berusaha menyalahkan konflik di Ukraina pada negara-negara Barat.

"Bukan kami yang mengorganisir kudeta di Ukraina, yang mengakibatkan operasi militer khusus kami," katanya. "Bukan kami yang melakukannya.

"Baratlah yang mendorong kita ke titik ini," imbuh Putin, "Saya menganjurkan hubungan yang demokratis."

Putin berulang kali menggunakan istilah "operasi militer khusus" untuk menggambarkan perang Rusia-Ukraina. Dia juga memperingatkan, "Siapa yang menabur angin, dia akan menuai angin puyuh."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com