Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Tak Berniat Bertemu Putin di KTT G20, tapi...

Kompas.com - 12/10/2022, 16:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden pada hari Selasa (11/10/2022) mengatakan dia tidak berniat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G20 mendatang.

Tetapi dilansir The Hill, dia akan mempertimbangkan untuk berbicara, tergantung pada topiknya.

“Dengar, saya tidak punya niat untuk bertemu dengannya. Tetapi misalnya, jika dia datang kepada saya di G20 dan mengatakan saya ingin berbicara tentang pembebasan Griner, saya akan bertemu dengannya. Maksud saya, pertemuan akan tergantung (topiknya),” kata Biden.

Baca juga: OPEC+ Pangkas Produksi Minyak, Biden Ancam Arab Saudi Akan Ada Konsekuensi

Dia merujuk pada bintang WNBA Brittney Griner, yang telah dipenjara di Rusia selama berbulan-bulan.

Para pemimpin global akan berkumpul di Bali, Indonesia, bulan depan untuk menghadiri KTT tahunan negara-negara ekonomi utama dunia.

Griner, seorang bintang di WNBA dan peraih medali emas Olimpiade, ditahan pada Februari karena membawa catridge vape dengan minyak ganja ke Rusia.

Griner mengaku bersalah bulan lalu, tetapi dia bersikeras dia tidak berniat melanggar hukum. Dia kemudian dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara.

Baca juga: Rusia Pertimbangkan Pertemuan Putin-Biden di G20 Bali

Pemerintahan Biden telah bekerja untuk menengahi kesepakatan untuk pembebasan Griner dan Paul Whelan, mantan Marinir yang ditahan di Rusia sejak 2018 atas tuduhan mata-mata yang dengan keras dibantahnya.

Biden telah berulang kali mengutuk perilaku Putin sejak dia melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari.

Langkah itu memicu perang berbulan-bulan yang telah menyebabkan kematian ribuan warga Ukraina, termasuk wanita dan anak-anak.

Baru-baru ini, Putin menanggapi ledakan jembatan yang menghubungkan Rusia ke Semenanjung Crimea dengan meluncurkan serangan rudal ke kota-kota besar Ukraina.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Konfirmasi Hadir ke KTT G20 Bulan Depan di Bali

“Jadi saya tidak akan, juga tidak ada orang lain yang siap untuk, bernegosiasi dengan Rusia tentang perebutan Ukraina, mempertahankan bagian mana pun dari Ukraina, dan lain-lain," kata Biden.

"Jadi itu akan tergantung pada apa yang ingin dia bicarakan," kata Biden kepada Jake Tapper dari CNN.

Baca juga: Urgensi Perjuangkan Kepentingan Kelompok Marginal dalam KTT G20

“Tapi lihat, dia bertindak brutal. Dia bertindak brutal. Saya pikir dia melakukan kejahatan perang. Jadi, saya tidak melihat alasan untuk bertemu dengannya sekarang,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com