Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Lotre Rp 7,7 Miliar, Biksu Thailand Bagi-bagi Duit ke 3.000 Warga, Antrean Capai 1 Km

Kompas.com - 19/03/2022, 17:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

NAKHON PHANOM, KOMPAS.com - Phra Kru Phanom Prechakon, biksu Thailand yang menang lotre 18 juta baht (Rp 7,7 miliar), membagikan uangnya kepada ribuan warga setempat hingga antreannya mengular sampai 1 kilometer.

Menurut laporan World of Buzz pada Jumat (18/3/2022), Phra Kru Phanom Prechakon (47) adalah sekretaris kepala kuil Wat Phra That Phanom Woramahawihan di Nakhon Phanom, Thailand.

Kemudian dikutip dari Mothership, lotre yang dimenangi biksu itu resmi dari Pemerintah Thailand.

Baca juga: Biksu Thailand Menang Lotre Rp 7,7 Miliar, Sumbangkan Semuanya ke Kuil dan Warga Lokal

Di Thailand, selain stan lotere, penjual lotre juga dapat ditemukan di pasar dan jalan-jalan.

Tiket lotre dijual berpasangan dengan harga resmi total 80 baht (Rp 34.500), tetapi kadang dinaikkan oleh penjual hingga 100-130 baht (Rp 43.000-56.000).

Kronologi biksu Thailand menang lotre Rp 7,7 miliar

Biksu di Thailand bernama Phra Kru Phanom Prechakon menang lotre senilai total 18 juta baht (Rp 7,7 miliar). Ia menyumbangkan semuanya ke kuil, warga setempat, hingga sesama biksu.FACEBOOK PhrakruPhanom Prechakon Biksu di Thailand bernama Phra Kru Phanom Prechakon menang lotre senilai total 18 juta baht (Rp 7,7 miliar). Ia menyumbangkan semuanya ke kuil, warga setempat, hingga sesama biksu.
Phra Kru Phanom Prechakon suatu hari sedang berdoa ke patung Thao Wessuwan dan melihat angka keberuntungan yaitu 605.

Menganggapnya sebagai tanda, sang biksu kemudian mengingat angka itu untuk membeli tiket lotre.

Saat dia makan malam dengan kerabatnya, beberapa pedagang lotre menolak menjual tiket kepadanya karena dia hanya ingin membeli 3, bukan 10 (angka berturut-turut).

Dia lalu bertemu dengan penjual lotre ketiga yang memintanya untuk membeli darinya, karena pandemi memengaruhi pendapatannya.

Meskipun nomor akhirnya bukan 605 tetapi 905, dia membeli tiga tiket itu, menurut laporan media Thailand KhaoSod.

Kemudian pada 1 Maret 2022, nomor 061905 yang ada di tiga tiket biksu itu diumumkan sebagai pemenang hadiah pertama.

Baca juga: Pakai Nomor Lotre yang Sama Selama 16 Tahun, Wanita AS Akhirnya Tembus Jackpot Besar

Biksu Thailand menang lotre Rp 7,7 miliar (18 juta baht). Inilah tiga tiket yang membuatnya menang pada 1 Maret 2022.KHAOSOD TV via MOTHERSHIP Biksu Thailand menang lotre Rp 7,7 miliar (18 juta baht). Inilah tiga tiket yang membuatnya menang pada 1 Maret 2022.
Phra Kru Phanom Prechakon berkata kepada media Thailand, dia percaya itu adalah berkah dari malaikat karena telah merawat kuil dan situsnya selama lebih dari 10 tahun.

Untuk berbagi keberuntungan dan kekayaannya, sang biksu memutuskan untuk memberikan sebagian dari hadiah lotre itu kepada penduduk setempat, serta biksu dan para pekerja kuil lainnya.

Penduduk setempat awalnya ditetapkan menerima masing-masing 500 baht (Rp 215.000). Lebih dari 1.000 warga setempat dilaporkan mengunjungi kuil untuk mendapatkan uang tersebut.

Namun, karena banyaknya orang yang datang, uangnya kemudian dikurangi menjadi 200 baht (Rp 86.000) karena biksu itu khawatir tidak membawa cukup uang, menurut laporan KhaoSod.

KhaoSod juga memperkirakan, jumlah warga yang datang ke kuil Wat Phra That Phanom Woramahawihan lebih dari 3.000 orang dan antreannya mencapai 1 km.

Area tersebut begitu ramai sehingga petugas harus memantau kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Media Thailand lainnya, Thaiger, menambahkan bahwa biksu tersebut sudah membagikan sekitar 1,5 juta baht (Rp 647 juta) dengan cara seperti ini pada 7 Maret.

Sebanyak 4 juta baht (Rp 1,72 miliar) lainnya disumbangkan ke kuil, sementara sisanya diberikan ke berbagai lembaga dan organisasi untuk tujuan amal.

Baca juga: Gara-gara Salah Pencet Tombol, Perempuan Ini Menang Lotre Rp 713 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com