Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

POPULER GLOBAL: Paus Benediktus XVI Minta Maaf | Tokoh Anti-toleransi Berpeluang Jadi PM India

Kompas.com - 10/02/2022, 06:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Berita internasional dari terpopuler kemarin datang dari Paus Emeritus Benediktus XVI, yang akhirnya minta maaf atas kasus-kasus pelecehan seksual anak yang terjadi di bawah pengawasannya.

Permintaan maaf itu disampaikan sebagai tanggapan atas hasil penyelidikan di Jerman yang dipublikasi bulan lalu dan mengkritik penanganannya.

Berita internasional terpopuler lainnya datang dari pemilu di negara bagian terpadat di India, Uttar Pradesh. Yogi Adityanath, seorang biksu Hindu yang dikenal dengan retorika anti-Muslimnya, dilaporkan memimpin perolehan suara Partai Bharatiya Janata (BJP) sejauh ini.

Berikut rangkuman singkat kabar internasional terpopuler lainnya di kanal Global Kompas.com edisi Rabu (9/2/2022) hingga Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Paus Benediktus XVI Akhirnya Minta Maaf

1. Paus Benediktus XVI Akhirnya Minta Maaf

Paus Emeritus Benediktus XVI akhirnya minta maaf atas kasus-kasus pelecehan seksual anak yang terjadi di bawah pengawasannya ketika menjabat sebagai Uskup Agung di Munchen, Jerman.

"Saya hanya bisa mengungkapkan kepada semua korban pelecehan seksual rasa malu saya yang mendalam, kesedihan saya yang mendalam dan dengan tulus memohon pengampunan," tulis Benediktus XVI, yang nama aslinya Joseph Ratzinger, dalam sebuah surat yang dirilis oleh Vatikan pada Selasa (8/2/2022).

Surat dari mantan pemimpin Gereja Katolik yang mengundurkan diri pada 2013 itu, dirilis sebagai tanggapan atas hasil penyelidikan di Jerman yang dipublikasi bulan lalu dan mengkritik penanganannya terhadap kasus-kasus yang melibatkan pastor pedofilia pada 1980-an.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Seorang Pria Memotong Misa Paus Fransiskus dan Teriak Tuhan Menolakmu

2. Ketika Tokoh Anti-toleransi Disebut Berpeluang Jadi PM India Gantikan Narendra Modi…

Seorang biksu Hindu yang dikenal dengan retorika anti-Muslimnya yang berapi-api, Yogi Adityanath, memimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) dalam pemilu di negara bagian terpadat di India, Uttar Pradesh.

Kemenangan kuat yang mungkin didapat dalam pemilu di Uttar Pradesh bisa jadi menempatkan Adityanath di posisi terdepan untuk menggantikan Perdana Menteri (PM) Narendra Modi.

Biksu berusia 49 tahun tersebut telah menimbulkan kontroversi sejak pengangkatannya yang mengejutkan pada tahun 2017 sebagai Kepala Menteri atau Menteri Utama Uttar Pradesh.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Malala Yousafzai Geram Ada Larangan Berhijab di Sekolah Karnataka India

3. Ketegangan Makin Tinggi, 6 Kapal Perang Rusia Berlayar ke Laut Hitam

Sebanyak enam kapal perang Rusia berlayar dari Mediterania menuju Laut Hitam untuk latihan.

Kabar tersebut diwartakan oleh kantor berita Interfax mengutip Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa (8/2/2022).

Bulan lalu, Rusia mengumumkan bahwa pihaknya akan menggelar serangkaian latihan yang melibatkan semua armadanya dari Pasifik hingga Atlantik pada Januari dan Februari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com