Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Alfredo, Lulus S1 UGM Hanya dalam Waktu 3 Tahun 2 Bulan

Kompas.com - 27/05/2024, 07:49 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alfredo Dwiputra Ardiansyah dinobatkan sebagai wisudawan dengan masa studi tercepat di Universitas Gadjah Mada tahun 2024.

Alfredon atau yang akbrab disapa Edo berhasil lulus jenjang sarjana dalam waktu 3 tahun 2 bulan 16 hari. Adapun biasanya rerata masa studi jenjang sarjana yakni 4 tahun 1 bulan.

Edo tidak pernah menyangka ia bisa dinobatkan sebagai wisudawan tercepat, karena dari awal tujuannya hanya ingin cepat lulus dan tidak lagi jadi beban orangtua.

"Waktu itu goal saya yaitu bagaimana agar tidak membayar UKT di semester depan. Tentu dengan lulus sebelum memasuki semester berikutnya," kata Edo dikutip dari laman resmi UGM, Minggu (26/5/2024).

Baca juga: Kisah Reynold, Wisudawan Undip dengan Segudang Prestasi

Buat skripsi sesuai bisnis yang dirintis

Keinginan untuk bisa menyelesaikan kuliah mendorongnya untuk mengerjakan tugas akhir sesegera mungkin dengan mengangkat skripsi yang ada kaitannya dengan bisnis yang ia sedang rintis.

Skripsi itu berjudul Strategi Pembuatan Rebranding Campaign pada Startup CarbonEthics dan dibimbimbing boleh dosen yang sangat baik dan membantu.

Selain terbantu dalam pengerjaan skripsi, suasana pertemanan dengan sesama mahasiswa diakui Edo juga menjadi salah satu faktor terpenting pada masa perkuliahan di UGM.

Baca juga: Pernah Gagal 17 Kali Masuk FK, Kini Roy Jadi Wisudawan Terbaik Unair

Hubungan yang terjalin selama masa kuliah tidak hanya memberikan dukungan emosional, tetapi juga membentuk jaringan sosial yang berharga untuk masa depan.

"Saya merasa banyak kenangan bersama teman-teman dan saya selalu berprinsip jangan terjebak dalam drama yang tidak berarti," ujarnya.

Terkait tips untuk lulus sarjana lebih cepat, Edo hanya berpesan untuk tidak pernah memaksa diri sendiri bisa lulus dengan cepat, tetapi tetap nikmati setiap proses yang ada.

Baca juga: Cerita Kenny, Wisudawan Terbaik ITS, Lulus 3,5 Tahun dengan IPK 3,94

Pasca-menyandang gelar sarjana, pria asal Jakarta ini mengaku akan menggeluti keinginannya untuk bekerja di bidang bisnis dan marketing.

"Enjoy every process and live in the moment. Meskipun kamu sedang mengerjakan skripsi. Itulah mengapa topik skripsi harus sesuai dengan minat sehingga kamu bisa enjoy mengerjakannya karena untuk apa kamu lulus cepat tetapi tidak tertarik dengan tugasnya," pungkas Edo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com