Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mandiri Unej 2024 Dibuka 19 Juni, Cek Besaran Uang Pangkalnya

Kompas.com - 18/05/2024, 14:31 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang menantikan kapan jalur mandiri Unej (Universitas Jember) dibuka, ada informasi terkini terkait jadwal jalur mandiri Unej.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember Prof. Slamin mengungkapkan, diperkirakan Universaitas Jember akan membuka pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Jember (Semmaba Unej) 2024 pada tanggal 19 Juni 2024 dan akan ditutup pada tanggal 28 Juni 2024 mendatang.

Prof. Slamin menerangkan, calon mahasiswa yang mau mendaftar di jalur mandiri Unej 2024 ini disarankan mencari informasi yang cukup untuk memilih program studi dengan tepat.

Baca juga: Syarat 4 Jalur Mandiri Unair 2024, Bisa Daftar Pakai Kartu SNBP

Materi ujian jalur mandiri Unej 2024 sama dengan UTBK SNBT

Prof. Slamin optimis pada jalur SEMMABA Unej 2024 atau jalur mandiri Unej 2024 bisa mencapai 7.000 peserta.

"Pada pelaksanaan SEMMABA Unej 2023 di Universitas Jember mencapai dengan jumlah pendaftar sebanyak 5.694 orang, tidak ada perbedaan ketentuan pada SEMMABA Unej 2024 ini dengan periode sebelumnya," papar Prof. Slamin seperti dikutip dari laman Unej, Sabtu (18/5/2024).

Prof. Slamin menyampaikan, materi tesnya sama dengan UTBK SNBT 2024 yaitu:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS)
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Penalaran Matematika.

"Sehingga tidak ada perbedaan untuk calon peserta dari jurusan apapun termasuk dari sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka," urai Prof. Slamin.

Prof. Slamin menambahkan, pihaknya telah melakukan serangkaian sosialisasi, misalnya dengan menerima kunjungan-kunjungan siswa ke Universitas Jember, melalui sosial media dan media-media lain agar informasi tentang Unej dapat diterima para calon mahasiswa.

Ia lalu menambahkan, agar para calon peserta SEMMABA Unej 2024 secara periodik membuka halaman website unej.ac.id untuk mencari informasi yang akurat atau bertanya langsung melaui email resmi Universitas Jember humas@unej.ac.id serta melalui telepon (0331) 330224.

"Kami membuka ruang seluas-luasnya, baik orangtua atau calon peserta SEMMABA Unej 2024, untuk menggali informasi tentang lembaga kami, dengan menghubungi akun atau halaman resmi kami di Universitas Jember, Senin sampai Jumat pada jam kerja 07.00 sampai 16.00 WIB," imbuhnya.

Ia pun berharap, agar para calon peserta atau orangtua tidak mempercayai ajakan atau tawaran yang mengatasnamakan lembaganya dengan iming-iming bisa diterima di Universitas Jember dengan syarat harus membayar sejumlah uang atau dalam bentuk apapun, agar terhindar dari praktik-praktik modus penipuan.

Baca juga: Cara Daftar Jalur Mandiri Unnes Tanpa Tes, Dibuka 17 Mei

Besaran uang pangkal jalur mandiri Unej

Jika kamu ingin kuliah di Unej lewat jalur mandiri 2024, perhatian soal biaya kuliahnya. Selain UKT (Uang Kuliah Tunggal), calon mahasiswa yang lolos jalur mandiri Unej juga wajib membayar biaya Iuran Pengembangan Institusi (IPI) atau uang pangkal.

Dari hasil pantauan Kompas.com, untuk biaya berupa uang pangkal untuk tahun akademik 2024/2025 memang belum ada. Tapi jika mengacu pada besaran uang pangkal di Unej pada jalur mandiri 2024, berikut besaran uang pangkal yang perlu kamu persiapkan:

1. S1 Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Sosiologi, Agroteknologi, Agribisnis (Kampus Bondowoso), Proteksi Tanaman, Ilmu Tanah, Agronomi, Ilmu Pertanian (Kampus Bondowoso), Penyuluhan Pertanian, Peternakan (Kampus Bondowoso), Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Jember), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Bondowoso), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Indoonesia, Ilmu Sejarah, Televisi dan Film, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Teknologi Industri Pertanian, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia

  • SPI kelompok 1: Rp 10 juta
  • SPI kelompok 2: Rp 12,5 juta
  • SPI kelompok 3: Rp 15 juta

2. S1 Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah (Kampus Jember), Ekonomi Syariah (Kampus Bondowoso), Manajemen, Akuntansi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Gizi (Kampus Bondowoso), Farmasi, Ilmu Keperawatan

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com