Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Berikan Potongan Tiket Kereta, Ini Golongan Penumpang dan Cara Klaimnya

Kompas.com - 02/11/2023, 08:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan berbagai penawaran menarik untuk membuat perjalanan kereta api menjadi lebih menyenangkan.

Kali ini, KAI menghadirkan penawaran menarik berupa tarif reduksi untuk berbagai kalangan dan instansi.

Informasi terkait dengan reduksi atau potongan tiket kereta tersebut disampaikan melalui akun Instagram @kai121 pada Rabu (1/11/2023).

Dalam unggahan tersebut dijelaskan bahwa reduksi adalah besaran tarif angkutan kereta api yang telah mendapatkan potongan harga dengan nilai tertentu.

Potongan tersebut berdasarkan kebijakan KAI atau berdasarkan kerja sama antara perusahaan dengan suatu instansi/lembaga/organisasi.

Baca juga: 3 Cara Pembelian Tiket Kereta Cepat Whoosh, Bisa Dilakukan 7 Hari Sebelum Keberangkatan

Lantas, bagaimana ketentuan dan cara klaimnya?


Baca juga: 6 Kelompok yang Dapat Diskon Tiket Kereta dari KAI, Siapa Saja?

Reduksi tiket kereta api

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, tarif khusus reduksi tersebut berlaku di berbagai rute perjalanan kereta api dan tarif subkelas sebagai bentuk penghargaan kepada para pelanggan loyal kereta api.

"Berbagai program ini KAI berikan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api," jelas Joni dari rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/11/2023).

"Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat," sambungnya.

Baca juga: Syarat dan Ketentuan Lomba KAI Challenge OOTD di Kereta Suite Class Compartment

Kelompok penumpang yang bisa dapatkan reduksi tiket KAI

Sejumlah penumpang tiba di Stasiun Cirebon Kota Cirebon Jawa Barat pada Rabu (21/22/2022). Humas PT KAI Daop III menyampaikan, penjualan tiket terus meningkat seiring semakin dekat nya Natal dan tahun baru 2023 mendatang.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah penumpang tiba di Stasiun Cirebon Kota Cirebon Jawa Barat pada Rabu (21/22/2022). Humas PT KAI Daop III menyampaikan, penjualan tiket terus meningkat seiring semakin dekat nya Natal dan tahun baru 2023 mendatang.

Lebih lanjut, Joni menyampaikan bahwa KAI akan memberikan tarif reduksi ke berbagai kalangan masyarakat untuk membuat perjalanan menggunakan KA menjadi lebih hemat hingga 50 persen.

Berikut ketentuan tarif reduksi yang KAI berikan untuk sejumlah kalangan dan instansi:

1. Lansia

Diskon sebesar 20 persen untuk kereta api (KA) Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan ketentuan pelanggan berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

2. Legiun veteran RI

  • Diskon sebesar 50 persen untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Selasa sampai Kamis kecuali hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Diskon sebesar 30 persen untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di Jumat-Senin, hari besar atau hari libur nasional lainnya, dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

3. TNI dan Polri

Diskon sebesar 25 persen untuk KA Komersial kelas eksekutif. Sedangkan diskon 50 persen untuk KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis.

Potongan ini diberikan kepada anggota TNI/Polri yang aktif termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri, tidak termasuk keluarganya, ataupun PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com