Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawal 32 Biksu Jalan Kaki dari Thailand ke Indonesia, Siapa Laskar Macan Ali?

Kompas.com - 24/05/2023, 12:45 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama Laskar Macan Ali berkali-kali disebut dalam unggahan video 32 biksu yang berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia.

Puluhan biksu melakoni perjalanan dari Negeri Gajah Putih untuk menghadiri puncak perayaan Waisak di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang pada 4 Juni 2023.

Aksi tersebut merupakan ritual Thudong atau perjalanan religi yang ditempuh dengan cara berjalan kaki sejauh ribuan kilometer.

Selama di perjalanan, para biksu dikawal oleh sejumlah orang yang diketahui berasal dari paguyuban Laskar Macan Ali.

Anggota Laskar Macan Ali berpanas-panasan di pinggir jalan raya supaya perjalanan biksu dari Thailand ke Candi Borobudur lancar.

Bahkan, dalam sebuah video yang diunggah akun ini, anggota Laskar Macan Ali terlihat memijat biksu yang kelelahan usai berjalan kaki selama seharian.

"Pasukan Laskar Macan Ali divisi PAMALI (Pengobatan Alternatif Macan Ali) yang bertugas memijat para Bhikkhu ketika merasa kelelahan selepas Thudong. Semoga para Bhikkhu dan panitia sehat selalu dan tetap semangat.. Laskar Macan Ali sejak dari Jakarta setia menjaga dan mengkawal," cuit pengunggah.

Lantas, siapa Laskar Macan Ali yang mengawal para biksu jalan kaki dari Thailand ke Indonesia?

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Saat Bertemu Biksu Jalan Kaki dari Thailand ke Indonesia

Siapa Laskar Macan Ali?

Laskar Macan Ali yang berkali-kali disebut di media sosial ternyata memiliki nama lengkap Laskar Agung Macan Ali Nuswantara.

Panglima Laskar Agung Macan Ali Nuswantara, Prabu Diaz mengatakan bahwa Laskar Agung Macan Ali Nuswantara merupakan paguyuban, bukan ormas atau LSM.

"Sebuah paguyuban dari semua kalangan. Kami bangkitkan kembali tanggal 2 Oktober 2016," kata Prabu kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Ia menjelaskan bahwa penamaan Laskar Agung Macan Ali Nuswantara berasal dari laskar Kesultanan Cirebon pada tahun 1527 yang dipimpin Fatahillah yang mengusir Portugis dari Sunda Kelapa.

"Kalau berbicara ujungnya Laskar Agung Macan Ali Nuswantara sebetulnya ada dari semenjak abad ke-14 dan ke-15," ujar Prabu.

"Kenapa namanya Laskar Agung Macan Ali Nuswantara karena bendera atau duaja yang dipakai adalah duaja Kesultanan Cirebon," tambahnya.

Baca juga: Rahasia 32 Biksu Kuat Jalan Kaki dari Thailand ke Indonesia, Ternyata Mereka Biksu Hutan

Alasan Laskar Agung Macan Ali Nuswantara kawal biksu

Lebih lanjut, Prabu menjelaskan alasan di balik Laskar Agung Macan Ali Nuswantara mengawal para biksu.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com