Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Bengkulu

Kompas.com - 18/06/2022, 19:33 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 5,4 mengguncang Bengkulu pada Sabtu (18/6/2022) pukul 18.22 WIB.

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, kedalaman gempa mencapai 73 km.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa yang terjadi memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,4," ujar Daryono, saat dihubungi oleh Kompas.com (18/6/2022).

Episenter gempa terletak pada koordinat 5.05° LS - 102,78° BT, tepatnya di laut pada jarak 65 km arah Timur Laut Pulau Enggano, Bengkulu, dengan kedalaman 73 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dengan kedalaman menengah.

"Hiposenter gempa Bengkulu-Lampung Mag. 5,4 malam ini berada di zona transisi Zona Megathrust ke Zona Benioff dengan mekanisme sumber penyesaran naik (thrust fault)," imbuhnya.

Lokasi episender gempa bumi di Bengkulu ini berdekatan dengan episenter gempa kuat yang terjadi pada 4 Juni 2000 dengan Mag. 7,9 yang menyebabkan 100 korban jiwa meninggal dunia.

Baca juga: Gempa Bumi M 4,0 Guncang Pangandaran, Ini Wilayah yang Merasakan dan Analisis BMKG

Penyebab gempa bumi di Bengkulu

Menurut Daryono, gempa bumi yang mengguncang Bengkulu diakibatkan oleh adanya deformasi atau patahan batuan yang terjadi di dalam Lempeng Indo-Australia.

"Gempa ini terjadi karena adanya deformasi atau patahan batuan yang terjadi di dalam Lempeng Indo-Australia yang menunjam atau tersubduksi ke bawah Sumatra (Bengkulu-Lampung)," papar Daryono

"Gempa ini dapat dikatakan sebagai “gempa dalam lempeng” (intra-slab earthquake)," imbuhnya.

Dampak yang ditimbulkan

Dampak guncangan gempa bumi dilaporkan terjadi cukup kuat. Bahkan guncangan tersebut terasa hingga di Lemong Pesisir Barat Lampung yang mencapai intensitas V MMI.

Sedangkan intensitas IV MMI terjadi di Manna, Kaur, Muara Dua Oku Selatan, dan Liwa Lampung Barat.

Gempa juga dilaporkan dirasakan di Kepahiang IV-V MMI. Di Kota Bengkulu, Seluma, Rejang Lebong IV MMI. Di Kaur III-IV MMI. Di Liwa dan Muko-Muko III MMI. Di Sekincau dan Pesisir Barat II MMI.

Baca juga: Gempa Bumi M 5,5 Guncang Sukabumi, Warganet Bereaksi

Tidak berpotensi tsunami

Mengacu pada hasil pemodelan, gempa bumi yang terjadi di Bengkulu malam ini tidak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami karena hiposenternya yang relatif dalam dengan kekuatan yang belum dapat memicu terjadinya gangguan kolom air laut," kata Daryono.

Hingga pukul 18.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Kendati demikian, BMKG tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap adanya gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com