Kompas.com - 19/11/2021, 16:00 WIB
Puncak gerhana bulan sebagian atau parsial sekitar pukul 04:30 WIB terlihat dari Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/7/19). Durasi gerhana bulan sebagian ini dapat diamati selama dua jam dan 58,8 menit dari fase awal hingga fase akhir. ANTARA FOTO/PARAMAYUDAPuncak gerhana bulan sebagian atau parsial sekitar pukul 04:30 WIB terlihat dari Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/7/19). Durasi gerhana bulan sebagian ini dapat diamati selama dua jam dan 58,8 menit dari fase awal hingga fase akhir.

KOMPAS.com - Hari ini, 19 November 2021, Indonesia akan mengalami fenomena gerhana bulan sebagian yang puncaknya bisa disaksikan oleh masyarakat di Papua dan Papua Barat pukul 18.02 WIT.

Proses gerhana dimulai dengan awal fase penumbra pukul 13.00 WIB, tetapi prosesnya tidak dapat teramati dari Indonesia. Begitu juga tahapan awal fase gerhana sebagian pukul 14.18 WIB.

Kendati demikian, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui unggahan di akun Instagramnya, mengunggah waktu dan wilayah yang dapat menyaksikan gerhana bulan sebagian ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BMKG (@infobmkg)

Berikut link live streaming dan cara menyaksikan gerhana bulan sebagian 19 November 2021:

Baca juga: Gerhana Bulan 19 November 2021, Apa Dampaknya bagi Bumi?

Cara menyaksikan gerhana bulan sebagian

Koordinator Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Hendra Suarta mengatakan, fenomena gerhana bulan sebagian ini dapat dilihat dengan mata telanjang, tanpa membutuhkan peralatan khusus.

"Kalau sesuai ini, langit tidak berawan, inshaa Allah bisa terlihat secara kasat mata, tanpa alat. Gerhana bulan sebagian ini tidak berbahaya bagi mata dan tidak berhubungan dengan bencana apapun juga," kata Hendra kepada Kompas.com, Jumat (19/11/2021).

Dia menjelaskan, gerhana ini adalah terjadi karena cahaya Matahari yang menuju ke Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. 

"Peristiwa ini hanya dapat terjadi ketika posisi Matahari, Bumi, dan Bulan tepat atau hampir membentuk garis lurus dan Bulan berada dalam fase Bulan purnama. Jenis dan durasi gerhana Bulan bergantung pada jarak Bulan terhadap simpulnya di orbit. Saat sebagian permukaan bulan tertutupi oleh bayangan (umbra) Bumi, terlihatlah di bumi sebagai Gerhana Bulan Sebagian," tutur Hendra.

Hendra menyebutkan, gerhana yang terjadi hari ini berdurasi lebih dari 6 jam, mulai dari awal hingga akhir.

"Durasi Gerhana saat ini, dari awal fase penumbra sampai dengan akhir fase penumbra akan berlangsung selama 6 jam 5 menit 7 detik. Sedangkan lamanya Gerhana Bulan Sebagiannya saja, dari awal fase gerhana sebagian sampai dengan akhir fase sebagian akan berlangsung selama 3 jam 29 menit 1 detik," jelas dia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.