Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Tawaran Masuk PTN Via Calo, Simak Imbauan LTMPT

Kompas.com - 13/03/2021, 19:20 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di media sosial Twitter, tengah ramai soal adanya calo atau pihak yang menawarkan bantuan untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui "jalur belakang".  

Maksud "jalur belakang" adalah masuk dengan memberikan sejumlah uang kepada oknum yang menjanjikan masuk di universitas yang diinginkan.  

"Sayang kemaren aku gak screenshot percakapan nya...ternyata ad memang jalur tol..saya ditawari sampai 400 jt utk masuk ptn / pts untuk fak kedokteran gigi...," tulis salah satu akun Alfa.

Sejumlah komentar yang sama juga disampaikan warganet menanggapi sebuah twit yang menjabarkan besaran tarif jika ingin masuk fakultas-fakultas tertentu di sebuah perguruan tinggi negeri.

Baca juga: Twit Viral Masuk PTN Lewat Jalur Belakang, Ini Kata Kemendikbud

Menanggapi soal ini, Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohamad Nasih mengatakan, LTMPT telah menerima laporan adanya jasa calo masuk PTN/PTS.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021

Proses seleksi transparan

Nasih memastikan, proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sangat transparan.

"Setiap peserta dapat mengetahui ranking maupun nilai UTBK-nya dan membandingkannya dengan peserta lain," ujar Nasih.

"Oleh karena itu, peserta yang diterima pasti karena nilai/ranking dia maupun nila UTBK dia. Bukan karena yang lain. Jadi, jangan percaya calo," kata dia. 

Sementara itu, terkait biaya jasa calo, Nasih mengingatkan, agar tak tergiur dengan nominal dan janji dari oknum yang tidak jelas.

Adapun besaran biaya di PTN sudah diatur dalam Permendikbud yang terkait dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing PTN.

"LTMPT dan PTN tidak memungut biaya tambahan di luar ketentuan biaya pendaftaran dan/atau biaya pendidikan di PTN yang sesuai dengan UKT," ujar Nasih.

Baca juga: INFOGRAFIK: 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2021 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com